Pola Asuh pada Remaja dengan Menerapkan Pendidikan Kristen Dalam Keluarga
DOI:
https://doi.org/10.55606/corammundo.v3i1.19Keywords:
Pola Asuh Orang Tua; Anak Remaja; Pendidikan KristenAbstract
Peran keluarga menjadi faktor yang penting dalam perkembangan anak, khususnya pada saat remaja. Peran orang tua bukan saja penting untuk menjaga perkembangan anak dari hal-hal negatif, tetapi juga untuk membentuk kepribadian, kecerdasan inteligensi, emosi, serta spiritualnya agar menjadi manusia seutuhnya. Artikel ini membahas tentang pola asuh orang tua serta bagaimana Pendidikan Kristen di terapkan dalam keluarga. Hasil dari penelusuran artikel ini menegaskan bahwa pola asuh orang tua yang baik serta penerapan ajaran Kristiani di dalam keluarga berdampak positif bagi anak.
References
Alkitab. (2002). Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia.
Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5 (1), 102.
Casmini, C. (2007). Emotional Parenting. Pilar Medika.
Djoys Anneke Rantung. (2019). PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN UNTUK KELUARGA MENURUT POLA ASUH KELUARGA ISHAK DALAM PERJANJIAN LAMA. Pendidikan Agama Kristen SHANAN, 3(2). Retrieved from http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techniques&ots=HjrHeuS_
Fitriyani, L. (2015). Peran pola asuh orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosi anak. Lentera, 18(1), 93–110. Retrieved from http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/artikel EQ.pdf.
Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Laela, F. N. (2017). Bimbingan Konseling Keluarga Dan Remaja. In UIN Sunan Ampel Presss (Revisi). Surabaya: UIN Sunan Ampel Press Anggota. Retrieved from 978-602-332-044-8
Markam, S., & Slamet, S. (2003). Pengantar psikologi klinis. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Permatasari, B. I. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Gaya Belajar, dan Motovasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MtsN Se-Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(1), 1–8.
Pravitasari, T. (2012). Pengaruh persepsi pola asuh permisif orang tua terhadap perilaku membolos. Educational Psychology Journal, Vol. 1.
Simorangkir, J., Lubis, B., Nababan, M. L., Simamora, M. R., & Agustina, W. (2020). Penguatan Resiliensi Remaja Bermasalah melalui Pengembangan Materi Modul Bimbingan dan Konseling. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 96–103. https://doi.org/10.52220/sikip.v1i2.56
Sriyanto, Abdulkarim, A., Zainul, A., & Maryani, E. (2014). Perilaku Asertif dan Kecenderungan Kenakalan Remaja Berdasarkan Pola Asuh dan Peran Media Massa. Jurnal Psikologi, 41(1), 74–88. https://doi.org/10.22146/jpsi.6959
Sunarty, K. (2015). POLAH ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN ANAK. Edukasi Mitra Grafika.
Sunarty, K., & Mahmud, A. (2016). Konseling perkawinan dan keluarga. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Tafonao, T. (2018). Peran Pengajaran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga sangat penting untuk diajarkan kepada anak-anak, baik dalam keluarga, sekolah, di tempat ibadah dan masyarakat, agar kelak anak-anak dapat menghadapi setiap problem secara kognitif, afektif dan psik. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 3, p. 125.
Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20–28. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315
Umboh, S. E. (2020). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA PRODI THEOLOGI DI SEKOLAH TINGGI THEOLOGI “IKAT” JAKARTA. STT IKAT Jakarta.