PENTINGNYA MENDISIPLINKAN ANAK USIA 6-12 TAHUN DAN IMPLIKASINYA BAGI PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI SDN 19 KAYUARA

Authors

  • Elwin ST Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Ngabang Kalimantan Barat
  • Esau Yesyurun Tang Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Ngabang Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.55606/corammundo.v3i2.20

Keywords:

Mendisiplinkan, Implikasi, Karkater

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pentingnya Mendisiplinkan Anak Usia 6-12 Tahun dan Implikasinya Bagi Pembentukan Karakter Anak di SDN 19 Kayuara. Mendisiplinkan adalah suatu bimbingan, pengarahan dan pengendalian tingkah laku melalui disiplin kepada anak supaya mengalami pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan kerohanian yang optimal.

References

Alkitab. (2000) Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia

Baker L. Eva, Popham James, (1981). Bagaimana Mengajar Sistematis, Yogyakarta: KANISIUS

Collins M. Mallary, Fontenelle H. Don, (1992). Mengubah Perilaku Siswa Pendekatan Positif, Jakarta: BPK Gunung Mulia

Dobson James. (2004). Berani Menerapkan Disiplin, Interaksa: Batam centre

____________, (1970). Berani Mendisiplin, Jepara: Silas Press

Dodson Fitzhugh, (2006). Mendisiplinkan anak dengan kasih sayang, Jakarta: Gunung Mulia

Fantenelle. H Don, Kollins, M. Mallary, (1992). Mengubah perilaku siswa, Jakarta: BPK Gunung Mulia

Gunarsa D. Singgih Yulia, Gunarsa D. Singgih, (1986). Psikologi Perkembangan anak dan Remaja, Jakarta: BPK Gunung Mulia

____________, (1992). Psikologi untuk Membimbing, Jakarta: BPK Gunung Mulia

HP. Novita, (2008). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surakarta: Bringin 55Solo

Musbikin Imam, (2005). Mendidik Anak Nakal, Yogyakarta: Mitra Pustaka

Nasir, Muhamad, (1998). Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia

Kresnowiati Winni, Anugrah Dadan, (2008). Komunikasi Antar Budaya, Jakarta: Jalan Permata

Lindzey Gardner, Hall, S. Calvin (1993). Teori-teori Sifat dan Behavioristik. Yogyakarta: KANISIUS

Kosasi Rafli, Soecipto, (2004). Profesi Keguruan, Jakarta: Rineka Cipta

Kasan Tholib, (2009). Dasar-dasar Pendidikan, Jakarta: Studia Press

Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia, (1989). Strategi Pendidikan Kristen di Indonesia, Jakarta: BPK Gunung Mulia

Priska. Wawancara, Kayuara 29 Januari 2013

Step. Yakobus Idas. Wawancara, Kayuara 26 November 2012

Yostina. S. Wawancara, Kayuara 31 Januari 2013

Sidjabat, B. S, (2000). Menjadi Guru Profesional, Bandung: Yayasan Kalam Hidup

____________, (2008). Membesarkan Anak Dengan Kreatif, Yogyakarta: ANDI

Setiawani Go Mary, (2000). Menerobos Dunia Anak, Bandung: Yayasan Kalam Hidup

Suwando, Candra. (2007). Karakter Keindahan Sejati Diri Manusia, Jakarta: Metanoia

Sanjaya Wina, (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Predana Media Group

Schaefer Charles, (1996). Mendidik dan Mendisiplinkan Anak, Jakarta: Mitra Utama

Rusyan Tabrani A, Wijaya Cece, (1992). Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar-Mengajar, PT. Remaja Rosdakarya

Tong Stephen, (1995). Seni Membentuk Karakter Kristen, Jakarta: LRII

____________, (1992). Dosa Keadilan dan Penghakiman, Jakarta: LRII

____________, Setiawani Mary, (1995). Seni Membentuk Karakter Kristen, Jakarta: LRII

Tobias Ulrich Cynthia, (2009). Setiap Anak Bisa Berhasil, Jakarta: Pionir Jaya

Tim Penyusun KBBI, (1991). Jakarta: Balai Pustaka

____________, (2003). Jakarta: Balai Pustaka

____________, (2006). Jakarta: Kashiko Surabaya

Underwood, Mary, (2000). Pengelolaan Kelas yang Efektif, Jakarta: Atcan

Downloads

Published

2021-10-10

How to Cite

Elwin ST, & Esau Yesyurun Tang. (2021). PENTINGNYA MENDISIPLINKAN ANAK USIA 6-12 TAHUN DAN IMPLIKASINYA BAGI PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI SDN 19 KAYUARA. Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 47–52. https://doi.org/10.55606/corammundo.v3i2.20