PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAK DI SDN 17 KASE

Authors

  • Nikodemus Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Ngabang

DOI:

https://doi.org/10.55606/dikmas.v4i2.50

Keywords:

Potensi Diri, Pendidikan, Anak-Anak.

Abstract

Pada hakikatnya pendidikan bagi kebanyakan orang adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan, atau suatu sarana untuk mengembangkan potensi diri, Zaim Elmubarok member pandangan bahwa Pendidikan adalah proses menanamkan dan mengembangkan diri pada peserta didik tentang hidup.  Pendidikan sangat penting bagi anak-anak karena dengan pendidikan anak-anak akan di ajarkan bagaimana menjadikan dirinya dewasa dan memeimpinnya kearah kedewasaan. Senada dengan itu Ester Putri Setiyowati mengatakan bahwa pendidikan juga merupakan upaya dan psikomotorik. Oleh karena itu membangun aspek kognisi, afeksi, dan dalam mengembangkan seluruh potensi siswa, potensi itu meliputi kognitif, afektif psikomotorik secara seimbang dan berkesinambungan adalah nilai pendidikan paling tinggi.

References

Setiyowati Putri Ester, Arifianto Alex Yonatan, Jurnal Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: Sekolah Tinggi Teologi Ikat.

Elmubarok Zaim, Membumikan Pendidikan Nilai, Bandung : Alfabeta

Simon guru Pendidikan Agama Kristen SDN 17 Kase.

Kunandar ,Guru Profesional, Jakarta: rajawali Pers,2009.

Nainggolan M. Jhon, pendidikan berbasis Nilai-nilai KristianiI, Bandung: Bina Media Informasi, 2011.

Wawancara peserta didik, Riko Saputra, 10 november 2021.

Rikanto, kepala sekolah SDN 17 kase.

MartonoNanang, metode penelitian kuantitatif, Analisis dan data sekunder Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2011.

https://penerbitbukudeepublish.com, diakses pada tanggal 12 mei 2022.

Djamhur .I dan Moh.Surya.Moh, bimbingan dan penyuluhan di sekolah, Bandung: C.V. Ilmu,1975.

Hasbullah, dasar-dasar ilmu pendidikan,Banjarmasin: Rajagrafindo Persada,1996.

Htpps://akupintar.id, Tugas dan peran guru dalam pendidikan.

Mau Marhen, Itegritas Guru pendidikan Agama Kristen dalam Memnimbing Kepribadian Peserta didik.Jakarta: VIWS, 2016.

Kristianto Lilik Paulus, prinsip dan praktik Pendidikan Agama Kristen, Yokyakarta: ANDI, 2008.

Mau Marthen, Jurnal Pendidikan Agama Kristen, pentingnya Integritas guru Pendidikan Agama Kristen dalam membimbing kepribadian peserta didik, Jakarta: STTI Setia, 2020.

Sulistyawati Theresia Endang, jurnal pendidikan dan ilmu sosial, Perspektif Aksiologi Terhadap Penurunan Minat Belajar Anak di Masa Pandemi, Madiun, Jawa Timur: STTI Indonesia: 2020.

Https://repositori.usu.ac.id.Wiguna Indra Reza.et.al, “ hubungan kencanduan game online dengan motivasi belajar pada anak usia 10-12 tahun” Jurnal Surya Muda 1 2020.

Yessi Salmita, Skripsi, Peranan Guru PAK Dalam Membimbing Konseling untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di SDN 29 Roangan Kecamatan Mempawah Hulu, STTI Arastamar: Ngabang, 2020.

WitheringtonH.C., Bapemsi Burton W. H, Teknik-Teknik Belajar dan Mengajar,Jemmars: Bandung: Jemmars, 1989.

Endang Emiliana, Skripsi, peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di SMP Rehobot Bengkayang, Ngabang: STTI Arastamar, 2020.

Id.m.wiktionari.org. di akses pada tanggal 09 mei 2022

Restanti Kurnia Dina, dkk, Merdeka belajar, merdeka belajar, Jawa Barat: Adab,2020.

Nuhamara Daniel,Pendidikan Agama Kristen remaja, Bandung: Jurnal Info Media,2008.

Peltrum, Skripsi, Pentingnya Menggunakan Metode Pembelajaran Bagi Anak Sekolah Minggu GGRI Smirna Ubah Sebalo, Ngabang: STTI Arastamar, 2019.

Arikunto, Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Reneka Cipta, 2002.

Nainggolan Mandimpu Alon, Janis Yanice, Jurnal Teologi Biblika dan Praktika: Etika Guru Agama Kristen dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Iman dan Naradidik, Batam: STTI Bhakti Cakra, 2020.

Moloeng j. Lexi, penelitian kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Rachmawati Tutik, Metode pengumpulan Data dalam penelitian Kualitatif, Bandung: Universitas Katolik Parahyangan.

BunginBurhan, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003

ArikuntoSuharsimi, Prosedur penelitian: suatu pendekatan Praktis, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

repository.uin-malang.ac.id. mudjiaRaharjo , Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif, diakses tanggal 12 mei 2022.

Https;//robuguru.ruangguru.com di akses pada tanggal 12 mei 2022

SiyotoSandu, SodikAli, dasar metodologi penelitian, Yokyakarta: Literasi Media Publish, 2015.

RijaliAhmad, Analisa Data Kualitatif, Banjarmasin: UIN Antasari, 2018

Https://any.web.id, di akses pada tanggal 12 mei 2022

Santori Djaman, Komarian, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2009.

en.m.wikipedia.org. di akses pada tanggal 12 mei 2022

https://etheses.iainkediri.ac.id di akses pada tanggal 12 Mei 2022

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

Nikodemus. (2022). PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAK DI SDN 17 KASE. Jurnal DIKMAS, 4(2), 16–30. https://doi.org/10.55606/dikmas.v4i2.50