PENGARUH KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP PERTUMBUHAN ROHANI PESERTA DIDIK DI SDN 07 TUBANG RAENG KECAMATAN JELIMPO KABUPATEN LANDAK
DOI:
https://doi.org/10.55606/dikmas.v4i1.52Keywords:
pengaruh; kreativitas; guru PAK; pertumbuhan; rohaniAbstract
Kreativitas guru PAK memiliki pengaruh besar terhadap pertumbuhan rohani peserta didik. Oleh karena itu diperlukan pengajaran karena melalui pengajaran yang kreatif, inovatif dan inspiratif untuk dapat memberi pemahaman yang mudah dimengerti oleh peserta didik. Itu sebabnya guru PAK perlu melihat kebutuhan peserta didik dengan harapan bahwa dasar-dasar iman Kristen dapat betul-betul dipahami dan diterapkan dalam kehidupan peserta didik. Tujuan penelitian ini ialah guru PAK perlu mengajar, membimbing, memperkenalkan Tuhan kepada peserta didik, dan membentuk karakter peserta didik sehingga karakternya seperti karakter Kristus dalam pribadinya. Metodologi penelitian yang digunakan ialah metodologi penelitian kuantitatif dengan pendekatan wawancara, penyebaran angket, dan kepustakaan. Dari hasil perhitungan, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,301 dan signifikansi pada α = 0,05. Melalui hasil pengujian hipotesis untuk melihat keberartian korelasi yang diperoleh t hitung = 4,812 > t tabel = 3,065. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan, kreativitas guru PAK dengan pertumbuhan rohani peserta didik di SDN 07 Tubang Raeng. Dari hasil perhitungan, diperoleh koefisien detrminasi sebesar 0,350 atau sebesar 35% sedangkan 65% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain yang tidak diteliti oleh penulis. Hal ini berarti bahwa varibel kreativitas guru PAK berpengaruh terhadap pertumbuhan rohani peserta didiK di SDN 07 Tubang Raeng Kecamatan Jelimpo Kabupaten Landak.
References
Amid, Markus, Mau, Marthen, Yondi, Somantik, Henni, Putralin, Eliantri, Benefits Of Health Protocol And Covid-19 Vaccination For Indonesian People, International Journal of Education, Social Studies, And Management (IJESSM), volume 2, Issue 1, (2022): 42. http://lpppipublishing.com/index.php/ijessm.
Anwar, Dessy. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Terbaru. Surabaya: AMELIA, 2003.
Baker, D. L. Gaya Hidup Kristen. Jakarta: Persekutuan Pembaca Alkitab, 1980.
Dister, N. S. Pengalaman Dan Motivasi Beragama. Jogjakarta: Kanisius, 1989.
Dister, N. S. Pengalaman Dan Motivasi Beragama. Jogjakarta: Kanisius, 1998.
Gangle, Kenneth O. Membina Pimpinan Kristen. Malang: Gandum Mas 1998.
Henrichsen, Walter A. Cara Melatih Murid Kristus. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2002.
Lusiana, Wawancara. Tubang Raeng: SDN 07 Tubang Raeng Kamis, 17 Februari 2022.
Mau, Marthen. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Parindu, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: STPKat Publisher, vol. 1, no. 4 Desember 2022: 1-15. https://ejurnal.stpkat.ac.id/index.php/jpkm
____________. Model Pembelajaran Quantum Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen, Apostolos Journal of Theology and Christian Education, vol. 1, no. 2 (2021): 67; http:// ejournal.staknkupang.ac.id/ojs/index.php/apos.
Menzies, William W. dan Horton, Stenley H. Doktrin Alkitab. Malang: Gandum Mas, 1998.
Munandar, S. C. U. Mengembangkan Bakat Dan Kretivitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia, 1985.
Munandar, Utami. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.
Nurman, Wawancara. Tubang Raeng: SDN 07 Tubang Raeng, Selasa 25 Januari 2022.
Plus, Philip. Kiat Menjadi Orang Kreatif. Yogyakarta: Maximus, 2008.
Richards, Lawrencce O. Mengajarkan Alkitab Secara Kreatif. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 1994.
Saenom, Pendidikan Agama Kristen Untuk Anak. Jakarta:Views, 2016.
Somantik, Henni. Bahan Ajar Metode Belajar. Ngabang: SETIA, 2020/2021.
Suparman, Menjadi Dewasa Secara Rohani. Jogjakarta: Yayasan Kalam Hidup, 1997.
Supryadi, D. Kretivitas Kebudayaan Dan Perkembangan. Bandung: Alfabeta, 1994.
Use, Wawancara. Tubang Raeng: SDN 07 Tubang Raeng Selasa 8 Maret 2022.
Wilmina, Wawancara. Tubang Raeng: SDN 07 Tubang Raeng, Selasa, 25 Januari 2022.