Pentingnya Pemahaman dan Penerapan Moderasi Beragama pada Siswa dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi di SMAN 4 Tana Toraja di Era Digitalisasi

Authors

  • Desiana Sikombong Institut Agama Kristen Negeri Toraja
  • Mersi Mersi Institut Agama Kristen Negeri Toraja
  • Elma Elma Institut Agama Kristen Negeri Toraja
  • Egayanti Assi Institut Agama Kristen Negeri Toraja
  • Norpa Kondo Tasik Institut Agama Kristen Negeri Toraja

DOI:

https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v2i3.374

Keywords:

Religious Moderation, Tolerance, Intolerance

Abstract

This research is library research or research using library methods. The data collection technique used is to use sources originating from books and journals that are related to religious moderation. The type of research used is qualitative research, namely describing how religious moderation is in Indonesia. This paper will discuss the concept of intolerance that is developing in the lives of high school students, especially at SMAN 4 Tana Toraja. This research aims to provide understanding to behave tolerantly and avoid intolerant attitudes and it is important to provide understanding related to religious moderation to the nation's next generation in the era of digitalization.

References

Darmayanti & Maudin. “Petingnya Pemahaman Dan Implementasi Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Milenial.” SYATTAR Vol. 2, No (2021).

Darmayanti dkk. “Pentingnya Pemahaman Dan Implementasi Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Generasi Milenial.” SYATTAR Vol. 2 No. (2021).

Debby Riana Hairani. “Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini Di TK Yomako Distrik Nimbokrang Kabupaten Jayapura Papua.” Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan (JKPPK) Vol. 1, No (2023).

Jayinto. “Moderasi Beragama Untuk Pelayanan Pendidikan Dan Keagamaan.” TABDIR: Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 4, No (2022).

Lutfi Ayu Fadhila Utami. “Analisis Pentingnya Peran Moderasi Beragama Di Era Digital.” Moderatio:Jurnal Moderasi Beragama Vol. 3 No. (2023).

Meissiandani Ardilla dkk. “Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Bingkai Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) Vol. 1, No (2023).

Rannu Sanderan. “Dilema Kepemimpinan Kristen, Tuhan Atau Atasan? Unsur-Unsur Fundamental Bagi Pemimpin Kristen Demi Mengejawantahkan Imanna Dalam Profesi Dan Pengabdian.” Sophia: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 2, No (2021).

Rannu Sanderan dkk. “INKUBASI LAYANAN MELALUI PEMBINAAN DESA MODERASI BERAGAMA: Merajut Perubahan Positif Di Lembang Kayuosing.” Bida: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1, No (2024).

———. “Paradigma Misi Kristen DAN MODERASI BERAGAMA: Analisis Pendekatan Pluralistik.” MELO: Jurnal Studi Agama-agama Vol 3, NO. (2023).

Subiantoro. “Moderasi Beragama: Peran Dan Tantangan Dalam Pembelajaran Di Sekolah Di Era Digital.” NURSA: Jurnal Penelirian dan Ilmu Pendidikan Vol. 4, No (2023).

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

Desiana Sikombong, Mersi Mersi, Elma Elma, Egayanti Assi, & Norpa Kondo Tasik. (2024). Pentingnya Pemahaman dan Penerapan Moderasi Beragama pada Siswa dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi di SMAN 4 Tana Toraja di Era Digitalisasi . Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 2(3), 228–232. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v2i3.374