Deskripsi Paulus Dibenarkan, Diperdamaikan, Dan Dimerdekakan Oleh Kematian Kristus (Suatu Studi Analisis Pendekatan Teologis)

Authors

  • Junaidi Junaidi Sekolah Dasar Negeri 12 Belangiran Desa Kumpang Tengah

DOI:

https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v1i1.58

Keywords:

Sekolah Dasar Negeri 12 Belangiran Desa Kumpang Tengah

Abstract

Surat Paulus kepada jemaat di Roma merupakan surat yang paling unik diantara surat-surat lainnya. Dari keunikan itu bermunculan polemik tentang pokok-pokok pengajaran yang ditulisnya kepada jemaat di Roma menjadi tema yang muktahir diantaranya ialah ‘kebenaran Allah, kebaikan Allah, kedaulatan Allah, kasih karunia (anugerah) Allah, dan hukum Allah.’ Kristus Yesus menjadi sentral pemberitaan merupakan kekuatan Injil tidak terbantahkan oleh siapapun. Kematian Kristus adalah alasan kuat dalam pemberitaannya sekalipun mereka sudah percaya baik dari golongan Yahudi maupun Yunani atau orang bersunat dan tidak bersunat bahkan hukum Taurat tidak dapat diperbandingkan dengan kematian Kristus yang memberi jaminan keselamatan hidup yang kekal. Tujuan penelitian ini ialah dibenarkan, diperdamaikan dan dimerdekakan oleh kematian Kristus Roma 5-8 karena inti berita yang khas sebagai dogma teologi bagi orang yang percaya kepada-Nya. Metodologi penelitian yang digunakan ialah metodologi kualitatif dan analisis deskriptif serta pendekatan kepustakaan. Hasil penelitian ialah menarasikan tentang praktik apologetika karena diperhadapkan pada permasalahan pokok pengajaran iman kepada Yesus Kristus, melainkan umat manusia harus menyadari bahwa Kristus yang diutus oleh Bapa ke dalam  dunia untuk menyelamatkan orang berdosa sebab hanya Allah saja yang dapat menyelamatkan umat-Nya bukan manusia mencari keselamatan dengan berbagai cara yang ditempuhnya.    

References

Amid, Markus, Mau, Marthen, Yondi, Somantik, Henni, Putralin, Eliantri. Benefits Of Health Protocol And Covid-19 Vaccination For Indonesian People, International Journal of Education, Social Studies, And Management (IJESSM), volume 2, Issue 1, (2022).

Browning, W.R.F.Kamus Alkitab. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.

Departemen Pendidikan Nasional, KBBI. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Drewes, B.F. Tafsiran Kisah Para Rasul. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.

End, Th. Van Den. Tafsiran Alkitab Surat Roma. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2019.

Gutheriet, Donald. Teologia Perjanjian Baru 2. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2019.

Inter-Varsity Press. Ensiklopedi Alkitab Jilid I. Jakarta: YKBK, 2008.

Inter-Varsity Press. Ensiklopedi Alkitab Masa Kini, Jilid II (judul asli; The New Bible Dictinary). Jakarta: YKBK, 2008.

Kartini, Kartono. Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung: Mandar Maju, 1990.

Leni, Emiliana, Mau, Marthen, Gianto. Peran Gembala Dalam Menangani Pasang Surut Iman Jemaat GPDI Dengoan Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak, Coram Mundo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, vol. 4 no. 1 (2022).

Mau, Marthen dan Nubatonis, Felipus. Peran Gembala Sebagai Pendidik Dalam Penggembalaan Di Gereja Kristen Setia Indonesia Jemaat Ensingo Desa Sungai Dangin Kecamatan Noyan Kabupaten Sanggau, Jurnal PkM Setiadharma, vol. 2 no. 3 (2020).

Mau, Marthen. Makna Glossalalia Menurut Kisah Para Rasul 2:1-13 dan Implikasi Urapan Roh Kudus Bagi Mahasiswa Teologi, Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen) vol. 3, no. 1 (2021).

Mau, Marthen. Pandangan Alkitab Perjanjian Baru Terhadap Praktik Minyak Urapan Pada Gereja Masa Kini, Jurnal Luxnos vol. 4, no. 2, (Agustus - Desember 2018).

Mau, Marthen. Pentingnya Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik, Jurnal SIKIP: Pendidikan Agama Kristen, vol. 1 no. 2 (2020).

Penyusun, Tim, Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan. Malang: Gandum Mas, 2016.

Publication, Carey. Pengakuan Iman Baptis (A faith To Confess). The Baptist ConFession Of Faith, 1689.

Ro, Ho, Woo. Manusia Kepunyaan Allah 2 PB. Yogyakarta: ANDI, 2015.

Surakhman, Winarno. Pengatar Penelitian Teknik. Bandung: Tarsono, 1970.

Downloads

Published

2023-02-20

How to Cite

Junaidi Junaidi. (2023). Deskripsi Paulus Dibenarkan, Diperdamaikan, Dan Dimerdekakan Oleh Kematian Kristus (Suatu Studi Analisis Pendekatan Teologis). Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 1(1), 15–34. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v1i1.58