SIGNIFIKANSI ETIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Authors

  • Hendra Agung Saputra Samaloisa Sekolah Tinggih Teologi Injili Arastamar ( Setia ) Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v1i2.95

Keywords:

Etika, Guru Pendidikan Agama Kristen, pendidikan karakter Peserta Didik

Abstract

Tulisan ini mendeskripsikan mengenai signifikansi etika guru Pendidikan agama Kristen terhadap pertumbuhan karakter bagi peserta didik dengan menggunakan pendekatan literature. Pentingnya etika bagi guru pendidikan Agama Kristen bukan hanya sekedar mengajarkan tentang pengetahuan, keterampilan, terhadap peserta didik, melainkan mengajarkan tentang bagaimana peserta didik mempunyai karakter yang meonjol dengan iman  kepada sang Juruslamat yaitu Yesus Kristus. Maka dari pada itu untuk menghidupi dan mewujudkan karakter peserta didik guru Pendidikan Agama Kristen terlebih dahulu memahami tentang pengajaran yang hidup di dalam kekristenan yang sesungguhnya di dalam Tuhan.

References

Anatasya, Ervina, and Dinie Anggareni Dewi. “Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha 9, no. 2 (2021): 291–304.

Arifin, Syamsul. “Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik.” Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga 16, no. 1 (2017).

Baskoro, Paulus Kunto. “Shanan Jurnal Pendidikan Agama Kristen.” Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2020): 57–78.

Baskoro, Paulus Kunto, and Sumbut Yermianto. “Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen Dan Motivasi Belajar Siswa.” LENTERA NUSANTARA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2021): 81–95.

Halawa, Carinamis, Peni Nurdiana Hestiningrum, and Iswahyudi Iswahyudi. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah.” Didache: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 2, no. 2 (2021): 133–145.

Manik, Novida Dwici Yuanri, and Yusak Tanasyah. “Pendidikan Karakter Dalam Perkembangan Moral Peserta Didik.” Didache: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 2, no. 1 (2020): 50–62.

Marbun, Purim. “Strategi Dan Model Pembinaan Rohani Untuk Pendewasaan Iman Jemaat.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 2, no. 2 (2020): 151–169.

Nainggolan, Alon Mandimpu, and Yanice Janis. “Etika Guru Agama Kristen Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Iman Naradidik.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 1, no. 2 (2020): 152–163.

Ratnasari, Desi, Reni Triposa, and Yonatan Alex Arifianto. “Deskripsi Kode Etik Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Perspektif Alkitabiah: Sebagai Keteladan Akademik Dan Karakter Nara Didik.” REAL DIDACHE: Journal of Christian Education 2, no. 2 (2022): 101–112.

Siregar, Nurliani, Bangun Munthe, Sunggul Pasaribu, Darman Samosir, Jojor Silalahi, and Peniel E. Sirait. “Etika Kristen Dasar Etika Pendidikan Dan Membangun Karakter Bangsa” (2019): 244.

Sumiati, Sumiati, and Reni Triposa. “Prinsip Guru Pendidikan Agama Kristen Memotivasi Belajar Peserta Didik Dalam Perspektif Alkitab.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 69–84.

Suriadi, Harri Jumarto, Firman Firman, and Riska Ahmad. “Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 1 (2021): 165–173.

Telaumbanua, Arozatulo, Dosen Sekolah, Tinggi Teologi, Anugerah Misi, and Nias Barat. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa” (2018).

Tindagi, Magdalena Grace K. “Yesus: Sosok Guru Agung (Kompetensi Dan Profesionalitas Dasar Guru Pak).” Missio Ecclesiae 5, no. 1 (2016): 1–21.

Wenda, Yowenus. “Peran Guru Pak Sebagai Motivator.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2018): 1–13.

Downloads

Published

2023-04-13

How to Cite

Hendra Agung Saputra Samaloisa. (2023). SIGNIFIKANSI ETIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 1(2), 31–39. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v1i2.95