PENTINGNYA KEDISIPLINAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAK BAGI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 MENYUKE KECAMATAN MENYUKE KABUPATEN LANDAK

Authors

  • Abriadi Abriadi Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Ngabang Kalimantan Barat
  • Gianto Gianto Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Ngabang

DOI:

https://doi.org/10.55606/corammundo.v3i1.17

Keywords:

Kedisiplinan, Pembelajaran, Sekolah

Abstract

Penididikan tidak dapat dipisahkan dari dua unsur utama yakni mengajar dan mendidik. Mengajar merupakan tugas seorang pengajar untuk mentrsanfer pengetahuan dengan cara menyampaikan bahan ajar, memberikan informasi yang berkaitan dengan perkembangan dunia pendidikan, dan memberikan penilaian dalam bentuk evaluasi untuk melihat kemampuan belajar dari apa yang sudah dan sedang mereka dapatkan di lembaga pendidikan.

References

Alkitab, LAI (Jakarta: LAI, 2011)

...., Buku Siswa PAK dan Budi Pekerti Bertumbuh Menjadi Dewasa Kelas X SMK/SMA, (Jakarta: Kemdikbud, 2014)

A.Tabrani Rusyan, Pendidikan Budi Pekerti, (Jakarta: Inti Media Cipta Nusantara, 2006)

Arifin, Ilmu Pendidikan Islam; Tinjauan Teori dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, (Jakarta : Bumi Aksara, 2003)

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. (Jakarta: Penerbit Rineka Cipta, 1993)

As, Asmaran, Pengantar Studi Akhlak, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1994)

Asmani, Jamal Ma’mur, Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, (Yogyakarta: Diva Press, 2011)

B. S. Sidjabat, Strategi Pendidikan Kristen, (Yogyakarta: Yayasan ANDI, 2009)

Banawiratma, Menjernihkan Inkulturasi, (Yogyakarta: Kanisius, 1977)

Cowell, Richard N., Buku Pegangan Para Penulis Paket Belajar, (Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Tenaga Kependidikan, Depdikbud, 1988)

Danim, Sudarwin, Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru, (Bandung: Alfabeta, 2011)

Daradjat, Zakiyah, Kesehatan Mental, (Jakarta: Haji Masagung, 1989)

Depdiknas, Standar Kompetensi Dasar Guru, (Jakarta: Ditjen Dikti, 2001)

Djiwandono Sri Esti Wuryani, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Grasindo, 2002)

Eddy Soetrisno, Buku Pintar Tokoh-tokoh Ternama, (Jakarta: Taramedia dan Restu Agung)

F, Weller, B.., Kamus Saku Perawat (ed. 22), (Jakarta: EGC, 2005)

Feist, Jess dan Feist, Gregory J., Teori Kepribadian, ed. 7, terj. Handrianto, (Jakarta: Salemba Humanika, 2011), Buku 1

Gordon, Thomas, Mengajar Anak Berdisiplinan Diri di Rumah dan di Sekolah (terj), (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1996)

Hamzah B. Uno, Profesi Keguruan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)

Hawadi dikutip oleh Gunarsa, Singgih D., Dari Anak Sampai Usia Lanjut, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006)

Homrighausen, Pendidikan Agama Kristen, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1984)

Ismail, Andar, Ajarlah Mereka Melakukan, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009)

J. M. Nainggolan, Menjadi Guru Agama Kristen, (Bandung: Generasi Info Media, 2010)

J. Supranto, Metode Penelitian Hukum dan Statistik J. Supranto, (Jakarta: Rineka Cipta, 1997)

Lofland dan Lofland, dikutip oleh Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2002)

Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, (Jakarta: Bumi Aksara, 2003)

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1992)

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Rosdakarya, 2007)

Mulyasa, E., Kurikulum Berbasis Kompetens; Konsep, Karakteristik dan Implementasi, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2003)

Muntahibun, Muhammad, Ilmu Pendidian Islam, (yogyakara: Teras. 2011)

Mussen, Paul Henry.,Perkembangan dan Kepribadian Anak, (Jakarta: Arcan, 1994)

Ngalim, Purwanto M., Psikologi Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004)

Prihatin, Eka, Manajemen Peserta didik, (Bandung: Alfabeta, 2011)

Rahmat dan Husain, Hegemoni Kristen-Barat dalam Studi Islam Di Perguruan Tinggi, (Jakarta: Gema Insani, 2012)

Sa’aduddin, Iman Abdul Mukmin, Meneladani Akhlak Nabi Membangun Kepribadian Muslim, (Bandung: Rosda Karya, 2006)

Sairin, Weinata, Identitas dan Ciri Khas Pendidikan Kristen di Indonesia antara Konseptual dan Operasional, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2003)

Satori, Djam’an dan Komariah, Aan, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2012)

Saudagar, Fachruddin dan Idrus, Ali, Pengembangan Profesionalisme Guru, (Jakarta: Gaung Persada, 2009)

Siti Suwadah Rimang, Meraih Predikat Guru dan Dosen Paripurna, (Bandung: Alfabeta, 2011)

Subagyo, Joko, Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004)

Toshihiko Izutsu, Etika Beragama dalam Qur’an, (Jakarta: Pustaka Firdaus, 1993)

Toto Tasmara, Kecerdasan Ruhaniah, (Jakarta : Gema Insani Press, 2001), hlm. 30

Wagner C. Graendorf dikutip oleh Darme Trauli Simamora dan Rida Gultom, Pendidikan Agama Kristen Remaja dan Pemuda, (Medan: Cv. Mitra Dwi Lestari, 2011)

Zainal Aqib, Menjadi Guru Profesional berstandar Nasional, (Bandung: Yramawidya, 2009)

Zeeno, Muhammad Jameel, Resep Menjadi Pendidik Sukses: Berdasarkan Petunjuk Al-Qur`an dan Teladan Nabi Muhammad, (Jakarta: Penerbit Hikmah (PT Mizan Publika, 2005)

Downloads

Published

2021-04-20

How to Cite

Abriadi Abriadi, & Gianto Gianto. (2021). PENTINGNYA KEDISIPLINAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAK BAGI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 MENYUKE KECAMATAN MENYUKE KABUPATEN LANDAK. Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 3(1), 27–32. https://doi.org/10.55606/corammundo.v3i1.17