STRATEGI PENGEMBANGAN KEDISIPLINAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR SWASTA BINA SETIA SEMARO KECAMATAN KUALA BEHE KABUPATEN LANDAK

Authors

  • Saul M. Lanmai Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Ngabang Kalimantan Barat
  • Gianto Gianto Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Ngabang Kalimantan Barat
  • Simai Simai Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Ngabang Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.55606/corammundo.v2i1.3

Keywords:

Strategi, Pengembangan, Sekolah

Abstract

Penelitian ini dapat tersusun dengan baik karena peneliti melakukan penelitian, dengan menggunakan  metode penelitian observasi, wawancara, dan dokumentasi di lapangan tentang realita yang terjadi di kalangan para peserta didik dan guru. Penelitian ini membahas tentang: Strategi Pengembangan Kedisiplinan Dalam   Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar Swasta Bina Setia Semaro Kecamatan Kuala Behe Kabupaten Landak. Strategi pengembangan kedisiplinan sangat penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran terhadap peserta didik. Strategi yang mesti dimiliki oleh para guru mata pelajaran umum dan guru PAK antara lain ceramah atau seminar, Tanya jawab, diskusi, dan lain-lain yang dibutuhkan agar para peserta didik merasa diperhatikan dan dipantau secara berkesinambungan dalam proses pembelajaran di kelas.

References

Corey dikutip oleh Sagala, Syaiful, Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, (Bandung: Alpabet, 2011)

Dimyati dan Mudjiono dikutip oleh Syaiful Sagala, Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, (Bandung: Alpabet, 2011)

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif (Bandung : Rineka cipta, 2002)

Hadisubrata, M.S. yang dikutip Tu’u, Tulus, Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa, (Jakarta: Grasindo, 2004)

Handoko, Hani T., Manajemen, (Yogyakarta: BPFE, 2003)

Havighurst yang dikutip Hurlock, Elizabeth B., Psiokologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, (Jakarta: Erlangga, 2005)

Hurlock, Elizabeth B., Psiokologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima, (Jakarta: Erlangga, 1983)

Irmim, Soejitno dan Rochim, Abdul, Membangun Disiplin Diri Melalui Kecerdasan Spiritual dan Emosional, (Jakarta: Batavia Press, 2004)

Iskandar, Abubakar, Parkir; Pengantar Perencanaan dan Penyelenggaraan Fasilitas Parkir, (Jakarta: Transindo Gastama Media, 2011)

Kadir, Harun, Aspek Megalitik di Toraja PIA I (Jakarta: Puslit Arkenas, 1994)

L. N, Syamsu Yusuf, Disiplin Diri dalam Belajar Dihubungkan dengan Penanaman Disiplin yang Dilakukan Orangtua dan Guru, (Bandung: FPS IKIP Bandung, 1989)

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1992)

Lofland dan Lofland, dikutip oleh Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2002)

Magginson dan Mathews, Pengembangan Sumberdaya Manusia, (Jakarta: Gramedia, 1993)

Moleong, Lexi dikutip oleh Sukmadinata, Nana Syaohdih, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2006)

Moleong, Lexi, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006)

Noor Popoy Jamaluddin, Ilmu Pendidikan, Bagian Proyek Peningkatan Mutu PGAN, (Jakarta: DEPAG, 1978)

Prijodarminto, Soegeng, Disiplin Kiat Menuju Sukses, (Jakarta: Pradnya Paramita, 1992)

Riyadi, S., Strategi Pengembangan Sumberdaya Manusia Menghadapi PJPT II, (Malang: FPIPS, 1994)

Rochiati Wiraatmadja, Metode Pendidikan Tindakan Kelas, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005)

Subagyo, Joko, Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004)

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung: CV Alfabeta, 2010)

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2006)

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Penerbit Rineka Cipta, 1993)

Surakhmad, Winarno, Metodologi pengajaran nasional, (Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2000)

Y.S. Lincon dan E.G. Guba, Effective Evaluation, (San Francisco: Jossey Bass Oublishers, 1985)

Morrison, D.M. & Mokashi K. & Cotter, K., Instructional quality indicators:research foundations. (Cambrigde: 2006). Diakses pada tanggal 17 Maret 2007 dari www.co.nect.net.

Tim Penyusun, Kamus Bahasa Indonesia (Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas, 2008)

Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 2002)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat (20)

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, (Jakarta: ...., 2003)

Appel W. Rakmeni, Wawancara, (Semaro: SDS Bina Setia, tanggal 20 Pebruari 2015)

Hasnia Ujung, Wawancara, (Semaro: SDS Bina Setia, tanggal 15 Januari 2015)

Imanuel Non, Wawancara, (Semaro: SDS Bina Setia, tanggal 15 Januari 2015)

Markus, Wawancara, (Semaro: SDS Bina SETIA, pada tanggal 17 Nopember 2014)

Markus, Wawancara, (Semaro: SDS Bina Setia, tanggal 20 Pebruari 205)

Martina, Wawancara, (Semaro: SDS Bina Setia, tanggal 15 Januari 2015)

Nika Ike, Wawancara, (Semaro: SDS Bina Setia, tanggal 15 Januari 2015)

Downloads

Published

2020-04-10

How to Cite

Saul M. Lanmai, Gianto Gianto, & Simai Simai. (2020). STRATEGI PENGEMBANGAN KEDISIPLINAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR SWASTA BINA SETIA SEMARO KECAMATAN KUALA BEHE KABUPATEN LANDAK. Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1), 07–12. https://doi.org/10.55606/corammundo.v2i1.3

Most read articles by the same author(s)