Peran Logika Dalam Berfikir Kritis Untuk Membangun Kemampuan Memahami Dan Menginterpretasi Informasi

Authors

  • Rendi Rendi Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (Setia) Jakarta
  • Marni Marni Sekolah Tinggi Theologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta
  • Tia Neonane Sekolah Tinggi Theologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta
  • Mozes Lawalata Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) JAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v2i2.313

Keywords:

role of logic in critical thinking, interpreting information

Abstract

This study examines the role of logic in critical thinking as an effort to develop the ability to understand and interpret information. Focusing on the importance of logic in the process of critical thinking, this research explores how the use of logic can help individuals understand and interpret information more effectively. Through an examination of the concepts of logic and critical thinking, this study aims to depict the relationship between these two aspects in the context of developing the ability to understand and interpret information. By understanding the role of logic in critical thinking, it is hoped to provide deeper insights into how individuals can enhance their ability to understand and interpret information more effectively.

References

Ahmad Firdaus, Hamdan Sugilar, and Ade Hilda Zaini Aditya, ‘Teori Konstruktivisme Dalam Membangun Kemampuan Berpikir Kritis’, Gunung Djati Conference Series, 28 (2023), 30–38 <https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/1776>.

Dede Nuraida, ‘The Role of Teachers in Developing Students’ Critical Thinking Skills in the Learning Process’, Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4.1 (2019), 51–60.

Siti Zubaidah, ‘Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Yang Dapat Dikembangkan Melalui Pembelajaran Sains. Optimalisasi Sains Untuk Memberdayakan Manusia.’, Makalah Seminar Nasional Sains Dengan Tema Pascasarjana Unesa, Vol. 16.January 2010 (2010).

Restu Fristadi and Haninda Bharata, ‘Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning’, Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 2015, 597–602.

Mauliana Wayudi, Suwatno Suwatno, and Budi Santoso, ‘Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas’, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5.1 (2020), 67–82 <https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25853>.

Amar Halim, ‘Signifikansi Dan Implementasi Berpikir Kritis Dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar’, Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3.3 (2022), 404–18 <https://doi.org/10.36418/jist.v3i3.385>.

A Anita and A Tenriawaru, ‘Pentingnya Keterampilan Argumentasi Di Era Ledakan Informasi Digital’, Prosiding Seminar Nasional FKIP …, 1740, 1740–46 <https://www.researchgate.net/profile/Afandi-Afandi/publication/343859546_PENTINGNYA_KETERAMPILAN_ARGUMENTASI_DI_ERA_LEDAKAN_INFORMASI_DIGITAL/links/5f453c5992851cd3022b2a9a/PENTINGNYA-KETERAMPILAN-ARGUMENTASI-DI-ERA-LEDAKAN-INFORMASI-DIGITAL.pdf>.

H.A Kadir Sobur, ‘Logika Perspektif Ilmu Pengetahuan’, Tajdid, XIV.2 (2015), 387–414.

Jurnal Kajian Agama, ‘Jurnal Kajian Agama Dan Dakwah’, 1.1 (2023), 1–9.

S. Susilowati, Y., & Sumaji, ‘Jurnal Silogisme’, JURNAL SILOGISME: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 5.2 (2020), 62–71.

Sobur.Abstrak Matematika and others, ‘PENALARAN KREATIF MATEMATIS Aprilia Dwi Handayani Universitas Nusantara PGRI Kediri’, 161–66.

Urbanus Ura Weruin, ‘Logika, Penalaran, Dan Argumentasi Hukum; Logic, Reasoning and Legal Argumentation’, Jurnal Konstitusi, 14.2 (2017), 95–374 <https://jurnalkonstitusi.mkri.id/index.php/jk/article/view/1427%0Ahttps://jurnalkonstitusi.mkri.id/index.php/jk/article/view/1427/320>.

‘Pengantar Logika Teologi: Telaah Praktis Logika Dalam Teologi - Hengki Irawan Setia Budi - Google Buku’ <https://books.google.co.id/books?id=9tpVEAAAQBAJ&pg=PA169&lpg=PA169&dq=alokasi+dana+gereja+untuk+orang+yang+kekurangan&source=bl&ots=Eyknv-HHEt&sig=ACfU3U0Tacj9hTKr5AbdY4_HVgVC5cbwPg&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwj997Dir8b2AhWc63MBHSfiCJYQ6AF6BAgsEAM#v=onepage&q=alokasi dana gereja untuk orang yang kekurangan&f=false>.

Zuhur Fardani and Edy Surya, ‘Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Membangun Karakter Bangsa’, Jurnal Pendidikan, 2.2 (2017), 1–7.

Muhammad Alhadiq, ‘Keterampilan Berpikir Kritis’, 2023, 1–13.

Kasdin Sihotang, ‘Berpikir Kritis - Google Books’, Kanisius, 2019, p. 33 <https://www.google.co.id/books/edition/Berpikir_Kritis/5vr6DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=berpikir+merupakan&printsec=frontcover>.

Alhadiq.Zubaidah.Universitas Swadaya and Gunung Jati, ‘Jurnal Euclid, Vol.1, No.1’, 1.1 (2008), 33–46.

Sitti Husaebah Pattah and Kearsipan Khizanah Al-, ‘LITERASI INFORMASI : PENINGKATAN KOMPETENSI INFORMASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN’, 2014.

Binus University, ‘Pentingnya Kemampuan Literasi Informasi Digital – BINUS University.’, 2020 <https://binus.ac.id/knowledge/2020/02/pentingnya-kemampuan-literasi-informasi-digital/>.

ADMINLP2M, ‘Pengertian Interpretasi Data, Langkah Beserta Contohnya’, Lp2M Universitas Medan Arga, 2022.

Rio Fabrika Pasandaran, ‘Kata Kunci : Taksonomi SOLO, Literasi Matematika, Grafik Fungsi Trigonometri A. Pendahuluan’, Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1.1 (2018), 89–105.

Zubaidah.Zubaidah.‘MEMBANGUN KEMAMPUAN MENGINTERPRETASI INFORMASI’.

Published

2024-04-27

How to Cite

Rendi Rendi, Marni Marni, Tia Neonane, & Mozes Lawalata. (2024). Peran Logika Dalam Berfikir Kritis Untuk Membangun Kemampuan Memahami Dan Menginterpretasi Informasi. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 2(2), 82–98. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v2i2.313