Analisis Model Pengajaran Yesus Dengan Pola Perumpamaan (Parables Of Teaching)
DOI:
https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v2i2.325Keywords:
Model Pengajaran Yesus, Pola Perumpamaan, Implementasi Pola Perumpamaan dalam pengajaran ModernAbstract
Artikel ini bertujuan membahas tentang pentingnya model pengajaran dalam mencapai tujuan pendidikan melalui analisis terhadap model pengajaran yang digunakan oleh Yesus Kristus dengan pola perumpamaan. Model pengajaran merupakan konsep yang digunakan dalam merancang proses pembelajaran, dan memainkan peran kunci dalam membangun dan meningkatkan kemanusiaan. Penting bagi seorang guru untuk memilih metode pengajaran yang tepat guna mencapai tujuan pembelajaran yang rancangkan, termasuk menggunakan pola perumpamaan dalam mengajar seperti yang dicontohkan Tuhan Yesus Kristus dalam pengajaran-Nya untuk menyampaikan kebenaran Firman bagi banyak orang. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka yang ketika dianalisis secara reduktif mengungkapkan hasil bahwa perumpamaan sebagai cerita pendek yang mengandung makna dalam dan digunakan oleh Yesus untuk menjelaskan prinsip-prinsip spiritual secara tidak langsung bagi pengikut-Nya. Pola perumpamaan juga dapat digunakan oleh guru Kristen ketika menjelaskan materi di dalam kelas. Pembahasan juga menganalisis tentang jenis-jenis perumpamaan yang digunakan oleh Yesus, dan relevansinya dalam pengajaran modern, selain itu model pengajaran dengan pola perumpamaan telah menjadi inspirasi bagi guru-guru Kristen dalam mengembangkan strategi pengajaran yang efektif untuk mencapai tujuan pendidikan.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.
Binar, S., Ziduhu, H., & Jonathan, O. (2023). Hidup Berkelimpahan Dalam Perspektif Yohanes 10 : 10b. Jurnal Teologi & Pelayanan Kerusso, 8(1), 19–29.
Fahlevi, M. R. (2022). Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 230–249.
Handoko, Y. (2022). Pandangan John Calvin Tentang Khotbah Dan Berkhotbah Serta Relevansinya Bagi Hamba Tuhan Masa Kini. Alucio Dei: Jurnal Teologi, 6(2), 73–92.
James A. Lola, Arung P. Marumbona, J. (2024). Perumpamaan tentang orang kaya dan lazarus yang miskin: Jurnal Teologi RAI, 1(1), 125–140.
Katie. (2020). The Parables: Teaching Like Jesus. Educational resources for catholic homes and classrooms. Gandum Mas.
Kistemaker. (2003). Perumpamaan-perumpamaan Yesus. Seminari Alkitab Asia Tenggara.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.
Ratnawati, A., & Tanudjaja, D. J. (2021). Profil Guru Sekolah Minggu di GBI Rock Bellezza. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 38–49.
Saingo, Y. A. (2023a). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Inpres Lili. Apostolos: Journal of Theology and Christian Education, 3(1), 1–14.
Saingo, Y. A. (2023b). Karakter Kepemimpinan Kristen Menghadapi Era Society 5.0: Sebuah Tawaran Konstruktif dalam Perspektif Paulus. Magnum Opus: Jurnal Teologi Dan Kepemimpin Kristen, 5(1), 1–15.
Saingo, Y. A., Sibulo, D., Tandjung, F. L., & Selan, E. M. (2023). Kompetensi Kepribadian Guru PAK dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SD GMIT Oelbiteno. JIPPG: Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 218–232.
Samoiri, J., & Tapilaha, S. R. (2023). Kreativitas Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama, 1(1), 81–88.
Sari, S. M., Harahap, M. R., & Ridwan, A. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Poster Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. Insiru PAI, 7(2), 438–449.
Sujatmoko, S. (2023). Yesus sebagai Gembala dan Guru menurut Injil Yohanes dan Signifikansinya bagi Gembala Jemaat. DOREA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(2), 110–111.
Tanasyah, Y., & Simanungkalit, L. N. (2020). Parables As an Effective Learning Model for the Process of Learning in Christian Education Perumpamaan Sebagai Model Pembelajaran Yang Efektif Untuk Proses Belajar Mengajar Pendidikan Kristen. Quaerens, 2(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama dan Filsafat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.