Model Cooperative Learning Sebagai Pendekatan Mengajar Yang Alkitabiah Untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa
DOI:
https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v2i2.333Keywords:
Model Cooperative Learning, Pengajaran Yang Alkitabiah, Kerja Sama SiswaAbstract
Pengajaran yang dipimpin guru Kristen jangan hanya berfokus pada pemahaman konsep agama semata, tetapi juga meningkatkan inisiatif siswa dalam pengembangan sikap berkolaborasi, nilai kerja sama, dan keterampilan sosianya. Tanpa adanya kesadaran siswa untuk saling berkolaborasi dalam belajar akan membuat dirinya mengalami ketertinggalan di kelas. Penulisan artikel ini bertujuan untuk membahas mengenai model cooperative learning sebagai pendekatan mengajar yang Alkitabiah untuk meningkatkan kerja sama siswa. Penulisan artikel ini dilakukan dengan pengumpulan data dari dokumen-dokumen ilmiah yang memiliki keterkaitan dengan topik yang sedang didalami. Peneliti melakukan analisis data dengan cara mereduksi yang mengungkapkan hasil bahwa implementasi model cooperative learning sebagai pendekatan mengajar yang Alkitabiah untuk meningkatkan kerja sama siswa dapat dilakukan dengan guru mendorong siswa saling berkerja sama dan saling melayani, guru membantu siswa memahami materi secara utuh, guru membantu siswa untuk saling memotivasi dalam pertumbuhan rohani di komunitasnya, guru mendorong siswa saling mengingatkan untuk menerapkan nilai-nilai Alkitabiah dalam aktivitas sehari-hari, guru membantu siswa memiliki inisiatif saling berkolaborasi sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Model cooperative learning yang Alkitabiah memiliki dampak yang penting dalam meningkatkan kerja sama siswa sebagai bentuk sikap yang menjunjung nilai-nilai Kristiani.
References
Andriani, W. (2021). Penggunaan Metode Sistematik Literatur Review dalam Penelitian Ilmu Sosiologi. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 7(2), 124–133.
Cahyaningtyas, D., Wardani, N. S., & Yudarasa, N. S. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dan Sikap Kerjasama Siswa Melalui Penerapan Discovery Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 59–67.
Dakhi, O. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.2
Fadliansyah, F. (2022). Peningkatan Sikap Karakter Mandiri Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Pada Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw. SEHRAN: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kewarganegaraan, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.56721/shr.v1i1.87
Husniyah, R., Asrizal, A., & Mufit, F. (2023). Meta-Analysis of the Influence of Cooperative Learning Models on Aspects of Learners’ Physical Knowledge. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 7(2), 167–175. https://doi.org/10.20414/konstan.v7i02.108
Muhammad, I., Darmayanti, R., Sugianto, R., & Choirudin. (2023). Teori Vygotsky: Kajian bibliometrik penelitian cooperative learning di sekolah dasar (1987-2023). Bulletin of Educational Management and Innovation, 1(2), 81–98. https://doi.org/10.56587/bemi.v1i2.78
Nasution, S. R., Zulaihah, L., Rahayu, F., Mahfud, H., & M, N. R. D. (2023). Program Cooperative Learning Pembuatan Kain Tie-Dye Shibori Pada Kelompok Pkk Kelurahan Rangkapan Jaya Baru. Jurnal Serina Abdimas, 1(4), 1522–1529.
Novianita, E. (2024). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Learning. Ta’lim Diniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(2), 336–349.
Pingga, Y. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(2), 201–222. https://doi.org/10.54170/harati.v1i2.78
Rofiqi, & Rahmawati, R. K. N. (2023). Dinamika Kelompok Dalam Cooperative Learning Model: Analisis Psikologi Sosial terhadap Interaksi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 15(2), 290–304. https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Al-Riwayah/article/view/1121
Saingo, Y. A. (2023a). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Inpres Lili. Apostolos: Journal of Theology and Christian Education, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.52960/a.v3i1.176
Saingo, Y. A. (2023b). Tugas dan Profesi Guru Kristen dalam Perspektif Alkitabiah. Aletheia Christian Educators Journal, 4(1), 23–31.
Sappaile, B. I., Ahmad, Z., Hita, I. P. A. D., Razali, G., Dewi, R. D. L. P., & Punggeti, R. N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik? Journal on Education, 6(1), 6261–6269.
Sibulo, D., Tanjung, F. L., Selan, E. M., & Saingo, Y. A. (2023). Kompetensi Kepribadian Guru PAK dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 218–232. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.56730
Simatauw, M., Simson, Rodianus, & Oktaviani. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Spiritualitas Kristen pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Siswa Kelas Tujuh dan Delapan Agama Kristen di SMP Negeri 02 Pontianak. ICHTUS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 5(1), 21–34.
Slavin, R. E. (1980). Cooperative Learning. Review of Educational Research, 50(2), 315–342. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:144620506
Soekmono, R., & Ningtyas, D. P. (2020). Model Pembelajaran Pendidikan Multikultural melalui Pendekatan Proyek Kolaboratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1029. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.444
Sudrajat, A., Darojat, O., & Aripin, S. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbasis Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Era Digitalisasi 4 . 0 Bagi Guru di Kabupaten Sumedang. Warta Pengabdian, 18(1), 1–13. https://doi.org/10.19184/wrtp.v18i1.41618
Tabrani, & Amin, M. (2023). Model Pembelajaran Cooperative Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 200–213.
Tambunan, L. (2021). Implementasi Pembelajaran Cooperative Learning dan Locus of Control dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1051–1061. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.491
Wahyudi, A., Penny Pahan, B., & Sulistyowati, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Kooperatif Picture And Picture: Suatu Studi di SDN 5 Menteng. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 3(2), 109–123. https://doi.org/10.54170/harati.v3i2.228
Wibawa, I. M. C. (2023). Improving Student Science Learning Outcomes Through Cooperative Learning: Early Childhood Students Through Small Groups. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 4(1), 118–125. https://doi.org/10.59672/ijed.v4i1.2886
Yusuf, R. M., & Hidayat, S.-. (2023). Cooperative Learning Model in Teaching Foreign Languages. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 788–795. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4150
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama dan Filsafat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.