Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Dengan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI SMA Swasta HKBP 2 Tarutung Tahun Pembelajaran 2023/2024

Authors

  • Binur Panjaitan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung
  • Oktober Tua Aritonang Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung
  • Lince Sihombing Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung
  • Wilson Simanjuntak Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung
  • Helena Putri Sibarani Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung

DOI:

https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v2i3.365

Keywords:

Teaching Creativity of Christian Religious Education Teachers and Character, Student Learning Activeness

Abstract

The aim of this research is to determine the relationship between Christian Religious Education Teachers Teaching Creativity and Character and the Learning Activeness of Class XI Students at HKBP 2 Tarutung Private High School for the 2023/2024 Academic Year. The method used in this research is a descriptive quantitative research method. The population was all class Data was collected using a positive closed questionnaire with 43 items, namely 30 items for variable X and 13 items for variable Y. The results of data analysis showed that: 1) A positive relationship test obtained a value rxy = 0,470 > rtable(=0,05,n=42) = 0,304 thus it is known that there is a positive relationship between variable X and variable Y. 2) A significant relationship test was obtained nilai tcount= 3,371 > ttable(=0,05,dk=n-2=40)=2,021 Thus there is a significant relationship between variable X and variable Y. So it is known that there is a positive and significant relationship between the Teaching Creativity of Christian Religious Education Teachers and Character and the Learning Activeness of Class XI Students of HKBP 2 Tarutung Private High School for the 2013/2024 Academic Year: Thus Ha is accepted and H0¬ is rejected.

References

Ali, Mohammad. 2011. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Ali. Murtadlo & Aqib. 2020. Zainal. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Bandung: Satu Nusa.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahri, Djamarah, Syaiful. 2014. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Budimansyah, Dasim, Dkk. 2019. PAIKEM Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan. PT Genesindo.

Daryanto. 2016. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya

_______. 2017. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Elfacmi, Amin. Kuneifi. 2016. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

GP, Harianto. 2012. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: Andi.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Jauhar, Mohammad. (2011). Implementasi PAIKEM Dari Behavioristik Sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pusaka.

Kristianto, P. L. 2006. Prinsip Dan Praktik Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: ANDI.

Moh. Nurdin, & Hamzah Uno. 2011. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasah.E. 2011. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Munandar. 1988. Kreativitas Sepanjang Masa, Jakarta: Muliasari.

________. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nainggolan, Jhon M. 2010. Guru Agama Kristen Sebagai Panggilan dan Profesi. Bandung: Bina Media Informasi.

Nainggolan, Jhon M, 2008. Strategi Pendidikan Agama Kristen. Bandung: Bina Media Informasi.

Nuhamara, Daniel. 2007. Pembimbing Pendidikan Agama Kristen. Jakarta Barat: Jurnal Info Media

Pentury, Helda Jolanda. 2017. Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol 4 No 3.

Priansa, Donni Juni. 2019. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran, Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.

Pupuh & Sobry. 2014. Strategi Belajar Mengajar.Bandung: Refika Aditama.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

________2010. Pengelolaan Pengajaran (sebuah pengantar menuju guru profesional). Jakarta: Rineka Cipta.

Richards, O. Lawrence. 1994. Mengajarkan Alkitab Secara Kreatif. Bandung: Yayasan Kalam Hidup

Sadirman, A. M. 2005. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.

Saleh, Andri. 2008. Kreatif Mengajar dengan Mindmap. Bandung: Tinta Mas Publishing

Simatupang, Hasudungan, dkk. 2020. Pengantar Pendidikan Agama Kristen.Yogyakarta: PBMR ANDI

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sumiati, & Asra. 2016. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Sumiyatiningsih, Dien. 2006. Mengajar Dengan Kreatif dan Menarik. Yogyakarta: Andi.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif . Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.

Telambanua Arozatulo. 2020. Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1 (2),115-129.

Uno, Hamzah, & Nurdin Mohammad. 2015. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Moh. Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyuningsih, E.S. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Published

2024-07-02

How to Cite

Binur Panjaitan, Oktober Tua Aritonang, Lince Sihombing, Wilson Simanjuntak, & Helena Putri Sibarani. (2024). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Dengan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI SMA Swasta HKBP 2 Tarutung Tahun Pembelajaran 2023/2024. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 2(3), 141–151. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v2i3.365