Hubungan Bimbingan Orangtua dengan Perilaku Sosial Kristiani Siswa di Lingkungan SMA N 3 Tarutung

Authors

  • Donna Irawati Sidauruk Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Lince Sihombing Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Wilson Simanjuntak Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Albiner Siagian Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Dame Taruli Simamora Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

DOI:

https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v2i4.404

Keywords:

Parental Guidance, Christian Social Behavior, Student

Abstract

The purpose of this study was to determine the Positive and Significant Relationship Between Parental Guidance and Christian Social Behavior in the School Environment of Grade XI Students of SMA Negeri 3 Tarutung in the 2023/2024 Academic Year. This research method is a quantitative research method. The population of this study included all grade XI students of SMA Negeri 3 Tarutung who were Protestant Christians totaling 141 people, but only 36 people were determined as samples taken using purposive sampling techniques. Data were collected using a closed questionnaire of 42 items, 20 items for variable X and 22 items for variable Y. The results of data analysis showed that there was a positive and significant relationship between Parental Guidance and Christian Social Behavior of Students in the SMA Negeri 3 Tarutung Environment. This is proven by: 1) The positive relationship test obtained the value of rxy = 0.597> rtable = 0.329, thus it is concluded that there is a positive relationship between variable X and variable Y. 2) The significant relationship test obtained the value of tcount = 4.336> ttable = 2.042. Thus Ha which states that there is a positive and significant relationship between the Relationship between Parental Guidance and Christian Social Behavior of Students in the School Environment of Class XI SMA Negeri 3 Tarutung in the 2023/2024 Academic Year is accepted.

References

Ahmad Susanto. (2018). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Jakarta: Bumi Aksara.

Aisyah, S. (2015). Perkembangan peserta didik & bimbingan belajar. Yogyakarta: Deepublish Budi Utama.

Arikunto, S. (2017). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhari Zulkifli, dkk. (2022). Strategi bimbingan orangtua dalam meminimalisir penyalahgunaan sosial media pada remaja di Gampong Bundar Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang. AFEKSI: Jurnal Psikologi.

Bimo Walgito. (2003). Psikologi sosial: Suatu pengantar. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Douma, J. (2010). Kelakuan yang bertanggung jawab. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Edison, T. (2018). Pendidikan nilai-nilai Kristiani: Menabur norma, menuai nilai. Jakarta: Kalam Hidup.

Harefa, A. (2022). Pengaruh globalisasi terhadap perilaku sosial siswa. Jurnal Pendidikan, 1(1), 271-277.

Harianto, G. P. (2012). Pendidikan agama Kristen dan budi pekerti & dunia pendidikan masa kini. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Hawaliah Nasution, dkk. (2022). Peranan bimbingan dalam keluarga terhadap pembentukan kepribadian pada anak usia 6-8 tahun di Desa Muara Perlampungan Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal. Jurnal Lonto Leok, 4(1).

Hurlock, E. (1978). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga.

Iren, E., Malani, & Andar Gunawan. (2023). Pengaruh bimbingan orang tua terhadap pembentukan moral anak remaja Kristen usia 13-17 tahun di lingkungan Desa Hutagurgur Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan. Jurnal Pendidikan Agama dan Filsafat, 1(4). https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v1i4.227.

Julia Ismail, dkk. (2018). Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui bimbingan orangtua di rumah. JIWP: Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 250.

Kristianto, P. L. (2008). Prinsip & praktik pendidikan agama Kristen: Penentuan bagi mahasiswa teologi & PAK, pelayanan gereja, guru agama dan keluarga Kristen. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Lina Novita, & Agustina, A. (n.d.). Bimbingan orangtua dengan disiplin siswa. PEDAGONAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1).

Marjorie L. Thompson. (2012). Keluarga sebagai pusat pembentukan: Sebuah visi tentang peranan keluarga dalam pembentukan rohani. Jakarta: Gunung Mulia.

Nurfirdaus, N., & Risnawati. (2019). Studi tentang pembentukan kebiasaan dan perilaku sosial siswa (studi kasus di SDN 1 Windujanten). Jurnal Lensa Pendas, 4(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.3456789.

Pasaribu, A. G. (2015). Aplikasi kompetensi guru pendidikan agama Kristen yang alkitabiah. Medan: Mitra.

Pasaribu, A. G. (n.d.). Korelasi tugas fungsi orang tua dalam pembentukan karakter remaja. Tarutung: IAKN Press.

Prayitno, H. (2013). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Rachman, A. (2013). Kenakalan remaja: Penguatan peran keluarga dan sosial. Jawa Barat: Mega Press Nusantara.

Riris Dwi Harnanda, & Saparahayuningsih, S. (2020). Hubungan bimbingan orangtua dengan kemampuan membaca anak di sekolah kelompok B PAUD Se-Gugus Bungan Aster Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1).

Samuel Sidjabat. (1995). Strategi pendidikan Kristen. Yogyakarta: Andi.

Setiawani, M. (2004). Menerobos dunia anak. Bandung: Yayasan Kalam Hidup.

Sidjabat, B. S. (2008). Membesarkan anak dengan kreatif. Yogyakarta: Andi.

Sidjabat, B. S. (2011). Membangun pribadi unggul: Suatu pendekatan teologis terhadap pendidikan karakter. Yogyakarta: Andi.

Sihombing, L. (n.d.). Penulisan skripsi berbasis metodologi penelitian. Tarutung: IAKN Tarutung Press.

Simamora, D. (2011). Pendidikan agama Kristen kepada remaja dan pemuda. Medan: CV Mitra.

Simamora, D. (2019). Psikologi dan pendidikan agama Kristen pada remaja. Tarutung: IAKN Tarutung Press.

Simatupang, H. (2020). Pengantar pendidikan agama Kristen. Yogyakarta: ANDI.

Singgih, G. (2003). Psikologi remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Singgih, G. (2012). Psikologi untuk membimbing. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Singgih, G., & Singgih, Y. D. (2000). Psikologi praktis: Anak remaja dan keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Sugiyono. (2016). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2024-10-03

How to Cite

Donna Irawati Sidauruk, Lince Sihombing, Wilson Simanjuntak, Albiner Siagian, & Dame Taruli Simamora. (2024). Hubungan Bimbingan Orangtua dengan Perilaku Sosial Kristiani Siswa di Lingkungan SMA N 3 Tarutung . Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 2(4), 43–57. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v2i4.404

Most read articles by the same author(s)