HUBUNGAN KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENURUT TITUS 2:7
DOI:
https://doi.org/10.55606/corammundo.v3i1.18Keywords:
guru, kepribadian, prestasi belajarAbstract
Keperibadian sangat penting dalam kehidupan manusia, termasuk seorang guru yang memiliki tanggung jawab dengan keperibadian tersebut dapat memberikan hal yang positif dalam kehidupan siswa. Titus 2:7 memberikan gambaran yang cukup jelas bagaimana seorang guru dapat bertanggung jawab dalam pekerjaannya sebagai pendidik dan pada akhirnya dapat mempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survel, yaitu penelitian yang digunakan pada populasi skala besar maupun kecil. Hasil penelitian kepribadian guru pendidikan agama Kristen dengan prestasi belajar siswa berdasarkan Titus 2:7 dipengaruhi dan bisa diterapkan karena memiliki pengaruh yang baik. Terdapat pengaruh yang signifikan antara keperibadian guru berdasarkan Titus 2:7 dengan prestasi belajar siswa di pusat pengembangan anak 10 432 Merpati, dan berdasarkan hermenutik yang Titus 2:7 diketahui bahwa seorang guru harus bersungguh-sungguh dan berperan aktif dalam menjadikan dirinya contoh dan teladan bagi siswa, jujur dalam perkataan dan berintegritas dan dilakukan secara terhormat dan konsisten serta berkesinambungan
References
Dewantara, Ki Hajar. Karya Ki Hadjar. Yogyakarta: Taman Siswa, 1961.
Djumransjah, M. Filsafat Pendidikan. Malang: Bayumedia Publishing, 2004.
Muchtar, Aflatun. Tunduk Kepada Allah Fungsi Dan Peran Agama Dalam Kehidupan Manusia. Jakarta: Khazanah Baru, 2001.
Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Rosdakarya, 2006.
Nasution, S. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara, 1987.
Nazir, Moh. Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia, 1998.
P, B. “Kristen.” Last modified 2009. Accessed February 13, 2021. https://www.sarapanpagi.org/kristen-vt325.html.
Ryrie, Charles C. Teologi Dasar I. Yogyakarta: Yayasan ANDI, 2000.
Safitri, Dewi. Menjadi Guru Profesional. Riau: PT. Indragiri, 2019.
Satmako dan Sriningsih, Retno. “Landasan Kependidikan, Pengantar Ke Arah Ilmu Pendidikan Pancasila.” Semarang: IKIP Semarang Press, 2000.
Singarimbun, Sofia Effendi, Masri. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Pustakaan LP3ES, 1989.
Sjarkawi. “Pembentukan Keperibadian Melalui Peningkatan Pertimbangan Moral.” Depdiknas Dirjen Dikti, 2006.
Suardi, Edi. Pedagogik. Bandung: Angkasa OFFSET, 1979.
Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 1999.
Sumanto. Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI, 1990.
Supriadie, Didi; Darmawan, Deni. “Komunikasi Pembelajaran.” Bandung: Remaja Rodakarya, 2012.
Surya, M. Psikologi Pembelajaran Dan Pengajaran. Bandung: Yayasan Bakti Winaya, 2003.
Triwiyanto, Teguh. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.
Wibowo, Gunawan Thomas. Menjadi Guru Kreatif. Kaliabang: Media Maxima, 2016.
Wijaya, Chandra. Perilaku Organisasi. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia, 2017.
“KBBI Daring.” Last modified 2016. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/efektif.