KOMPETENSI FUNDAMENTAL YANG HARUS DIMILIKI SEORANG GURU PAK DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Fadlian Lontoh Sekolah Tinggi Teologi IKAT Jakarta
  • Andre Sengkey Sekolah Tinggi Teologi IKAT Jakarta
  • Mattew Amurizisiwa LDK Duha Sekolah Tinggi Teologi IKAT Jakarta
  • Ribka Finka Rini Sekolah Tinggi Teologi IKAT Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/corammundo.v2i1.32

Keywords:

kompetensi fundamental, guru PAK, prestasi belajar

Abstract

Kompetensi guru sangat berpengaruh dan memberikan kontribusi dalam peningkatan hasil belajar. Penelitian ini menyatakan kepada setiap guru pendidikan agama Kristen, tentang kompetensi guru PAK dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini di sebabkan banyaknya guru pendidikan agama Kristen tidak menguasai semua kompetensi sebagai guru pendidik, sehingga proses pembelajaran sulit untuk berjalan dengan sempurna dan hal ini sangat berpengaruh bagi prestasi belajar siswa sebagai hasil pembelajaran. Berdasarkan latar belakang diatas, maka penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan pertama, apa yang melatarbelakangi guru PAK tidak menguasai semua kompetensi dalam mengajar dan dampaknya bagi prestasi belajar siswa. Kedua, bagaimana kajian teori tentang kompetensi guru PAK dan prestasi belajar siswa. Ketiga, bagaimana kompetensi guru PAK dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Ketiga apa yang menjadi implementasinya bagi pendidikan agama Kristen.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif murni literature pustaka, dengan mencari pengertian yang mendalam tentang, suatu gejala, fakta, realita, masalah, serta peristiwa yang dapat dipahami dan senantiasa memperhatikan kesesuaian antara teknik yang digunakan dengan alur pemikiran umum serta gagasan teoritis dengan melakukan kajian pustaka atau menggunakan pendekatan pustaka (library research).Adapun hasil penelitian ini adalah guru PAK mampu menguasai kelima kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik karena kompetensi guru PAK sangat mempengaruhi peningkatan prestasi belajar siswa, sebab guru mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar dalam membimbing, mendidik, mengarahkan peserta didik baik dalam bidang intelektual maupun dan bidang spiritual siswa. Guru PAK memahami panggilannya sebagai Pembina Rohani bagi siswa dan penunjang prestasi belajar.

References

Ii, B. a. B. “Dja’far Siddik, Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam” (2013): 107. 1 37. 37–116. https://doi.org/http://repository.uinsu.ac.id/1132/5/BAB II.pdf.

Kurniawan, Eka Putra, and Nunuk Hariyati. “Peranan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pencapaian Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 09, no. 05 (2021): 1112–1123.

Mulyani, Fitri. “Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam).” Jurnal Pendidikan Universitas Garut 03, no. 01 (2015): 1–8.

Wennycute. “No Title.” Unknown. Last modified 2012. http://guruoemarsabri.blogspot.com/2012/06/membangun-kapabilitas-guru-melalui-kkg.html.

Jurnal Administrasi PendidikanPascasarjana Universitas Syiah KualaVolume 3, No. 1, Februari 2015

Downloads

Published

2020-04-15

How to Cite

Fadlian Lontoh, Andre Sengkey, Mattew Amurizisiwa LDK Duha, & Ribka Finka Rini. (2020). KOMPETENSI FUNDAMENTAL YANG HARUS DIMILIKI SEORANG GURU PAK DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1), 31–38. https://doi.org/10.55606/corammundo.v2i1.32