Evaluasi Pembelajaran terhadap Strategi Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Meningkatkan Produktivitas Belajar Peserta Didik

Authors

  • Elfin Warnius Waruwu Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar Jakarta (SETIA) Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/corammundo.v5i1.71

Keywords:

Evaluasi, peserta didik & guru, dan metode

Abstract

Evaluasi salah satu bentuk upaya terencana dalam proses sebuah kegiatan dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang telah terencana dari awal. Mewujudkan hasil yang efektif dalam proses pembelajaran tentunya dibutuhkan evaluasi untuk mengenali (mengetahui) keefektivan proses pembelajaran/intraksi yang dilakukan oleh guru dan peserta didik dalam kelas. Untuk meningkatkan keefektivan belajar peserta didik tentunya seorang guru sepatutnya memiliki berbagai motode dalam mengajar serta mempunyai kemampuan untuk memahami kebutuhan pendidikan peserta didik. Tercapainya tujuan pembelajaran salah satu bentuk terwujudnya tujuan pendidikan berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia “mencerdasarkan kehidupan bangsa”.

References

A.G., Haryanto, Hartono Ruslijanto, dan Datu Mulyono. Metode Penulisan Dan Penyajian Karya Ilmiah. jakarta: Perpustakaan Nasional : Katalog Dalam Terbitan (KDT), 2000.

Ali, Muhammad Nur. “Telaah tentang kibijakan ujian nasional dan kinerja sistem pendidikan nasional.” Academica 2, no. 1 (2010): 263–272.

Aminah, Nonoh Siti, Dyah Fitriana Masitoh, dan Nur Rochmah Ary Indartik. “Penggunaan Item Respons Theory (IRT) Pada Analisis Tes Hasil Belajar.” Prosiding Konferensi Ilmiah Tahunan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (Hepi) Tahun 2014 : Asesmen untuk Pendidikan Berkualitas (2014): 23–34.

Aulia Dini Hanipah, Titan Nurul Amalia, dan Dede Indra Setiabudi. “Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif.” Education : Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan 2, no. 1 (2022): 41–51.

Dr. Ajat Rukajat. Teknik Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2018.

Dr. Moh. Toharudin. Buku Ajar Manajemen Kelas. Jateng: Penerbit Lakeisha, 2020.

Erwin Widiasworo. Cerdas dalam Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: DIVA Press, 2018.

Luh Aqnez Sylvia. Guru Hebat Diera Milenial. Jawa Barat: Adab, 2021.

Maruti, Dr. Ibdullah Malawi & Endang Sri. Evaluasi Pendidikan. Jawa Timur: CV. AE Media Grafika, 2016.

Nuhan, Maria Yohanesti Gola. “494 Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 6 Tahun ke-5 2016.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6, no. 5 (2016): 494–501.

R.L. Holmes Parhusip, Heryanto, Pandapotan Tambunan, Hartono, Jainal T. Manajemen Kelas. Malang: Literasi Nusantara, 2018.

Rahmawati, Fitri, dan Ayahrul Amri. “Evaluasi Pembelajaran Sejarah” (2017): 132.

Ramanda, Riskha, Zarina Akbar, dan R. A. Murti Kusuma Wirasti. “Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Body Image Bagi Perkembangan Remaja.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 5, no. 2 (2019): 121.

Urip Triyono, Mufaarohah. Bunga Rampai Pendidikan. Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2018.

Downloads

Published

2023-03-24

How to Cite

Elfin Warnius Waruwu. (2023). Evaluasi Pembelajaran terhadap Strategi Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Meningkatkan Produktivitas Belajar Peserta Didik . Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 5(1), 30–43. https://doi.org/10.55606/corammundo.v5i1.71