Pengaruh Model Active Learning Tipe Team Quiz Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas XI SMA Negeri 1 Uluan Kabupaten Toba Tahun Pembelajaran 2023/2024

Authors

  • Juniarnita Situmorang Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Risden Anakampun Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Rida Gultom Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

DOI:

https://doi.org/10.55606/corammundo.v5i2.223

Keywords:

Team Quiz Type Active Learning Model, Student Learning Motivation in Christian Religious Education and Character Education Subjects

Abstract

The aim of this research is to determine the influence of the team quiz type active learning model on students' learning motivation in the Christian Religious Education and Character Education subjects in class The research method used is a quantitative method, pre-experimental design type one shot case study. The population is all students of class Data was collected using a positive closed questionnaire with 52 items, namely 24 items for variable SMA Negeri 1 Uluan, Toba Regency, Academic Year 2023/2024: 1) Test the analysis requirements: a) positive relationship test obtained a value of rxy = 0.596 > rtable(a=0.05,n=35) = 0.334. b) Testing a significant relationship obtained tcount= 4.267 > ttable(a=0.05, dk=n-2=33)= 2.042. 2) Test the effect: a) Test the regression equation, obtained the regression equation Y ̂="41.27"+0.66X. b) Regression coefficient of determination test (r2) = 35.6%. 3) Test the hypothesis using the F test to obtain Fcount > Ftable=(a=0.05, dk numerator k=20, dk denominator=n-2=35-2=33) namely 18.21 > 1.62. Thus Ha is accepted and H0 is rejected.

References

A.P Jufri, dkk. 2023. Strategi Pembelajaran Menggali Potensi Belajar Melalui Model Pendekatan, dan Metode yang Efektif, Yogyakarta: CV Ananta Vidya.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Instarani . 2015. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Muhasim, “Pengaruh Metode Active Learning terhadap Peningkatan Motivasi dan Kreativitas Belajar Peserta didik di Era Globalisasi”Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan 7 (1).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 1

Sardiman AM., 2017. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Cet.19. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Silberman, Melvin L. 2014. 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sudjana, 2017. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & B.Bandung: Alfabeta

Sumarli, Rini Setyowati, Putri Anggreani,(2021)“Pengaruh Penerapan Metode Team Quiz terhadap motivasi belajar Siswa Kelas IV SD pada Materi Sumber Energi” Jounal Of Education Review and Research, e-ISSN 2597-9760

Tarigan Octapin, Inu Kusumah, Uli Karo. (2016). “Penerapan Model Active Learning Type Quiz Team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Universitas Pendidikan Indonesia, ISSN 3203-5868-1-SM.

Uno,Hamzah. 2018. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : PT Bumi Aksara.

W.S Winkel. 2004. Psikologi Pengajaran, Jakarta: Grasindo

Yessi Wulandari, Agus Wahyuni, Elisa. (2017). “Efektivitas Metode Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Pesawat Sederhana”Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika 2 (2)

Downloads

Published

2023-10-10

How to Cite

Juniarnita Situmorang, Risden Anakampun, & Rida Gultom. (2023). Pengaruh Model Active Learning Tipe Team Quiz Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas XI SMA Negeri 1 Uluan Kabupaten Toba Tahun Pembelajaran 2023/2024. Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 5(2), 248–262. https://doi.org/10.55606/corammundo.v5i2.223