Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Siborongborong Tahun Pembelajaran 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.55606/corammundo.v6i2.391Keywords:
The Influence of Contextual Learning Models, Interest In Learning, Christian Religious Education and CharacterAbstract
The purpose of this research is to determine the influence of the contextual learning model on interest in learning Christian Religious Education and Characteristics of class X students at SMK Negeri 1 Siborongborong for the 2023/2024 academic year. The research method used is a quantitative method with a descriptive inferential type. The population is all 334 students of class Data was collected using a closed questionnaire with 20 items for variable Interest in studying Christian Religious Education and Character Education for class X students at SMK Negeri 1 Siborongborong for the 2023/2024 Academic Year. Influence test: a) regression equation test obtained regression equation Ŷ=18.83+0.753 X. b) regression coefficient of determination test (r2) = 63.3%. c) hypothesis testing using the F test obtained Fcount = 8.313 > Ftable = 1.86. Thus Ha, that is, there is a positive and significant influence of the contextual learning model on interest in learning Christian Religious Education and Characteristics of class X students at SMK Negeri 1 Siborongborong for the 2023/2024 academic year accepted and H0 rejected.
References
Buku
Akrim. Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2021.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta Penerbit Rineka Cipta, 2022.
Badar, T. I.. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif Dan Kontekstual. Jakarta Penerbit KENCANA, 2014
Djaali. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta PT Bumi Aksara, 2021.
Gunawan Andar. Konseling Kristen. Medan: CV. Alpha Omega Mulia, 2022
Harianto, G. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2012.
Johnson. B Elaine. Contextual Teaching & Learning. Bandung: Penerbit MLC, 2009.
Khairani Makmun. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Penerbit Aswaja Pressindo, 2020.
Komalasari Kokom. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama, 2017.
Lilik, K. P. Prinsip & Praktik Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2008.
Lukmanul, H. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Penerbit CV. Wacana Prima, 2011
Akrim. Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2021.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta Penerbit Rineka Cipta, 2022.
Badar, T. I.. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif Dan Kontekstual. Jakarta Penerbit KENCANA, 2014
Djaali. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta PT Bumi Aksara, 2021.
Faridah, Khaeruddin, E. R. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Minat dan. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 2020
Gunawan Andar. Konseling Kristen. Medan: CV. Alpha Omega Mulia, 2022
Harianto, G. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2012.
Johnson. B Elaine. Contextual Teaching & Learning. Bandung: Penerbit MLC, 2009.
Khairani Makmun. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Penerbit Aswaja Pressindo, 2020.
Komalasari Kokom. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama, 2017.
Lilik, K. P. Prinsip & Praktik Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2008.
Lukmanul, H. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Penerbit CV. Wacana Prima, 2011
Pulungan, I. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Penerbit Media Persada, 2015.
Rusman. Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Penerbit Kencana, 2017.
S, N. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara, 2013.
Sanjaya Wina. Strategi Pembelajaran. Bandung: Penerbit Kencana, 2017.
Shoimin, A. Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR ruzz media, 2014.
Sinar. Metode Active Learning. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.
Smk, A. D. I., Wiandani, R., P, & Samlawi, H. F. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran produktif akutansi di SMK, 2013.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2011.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2017.
Sunarsih Wiwin. Pembelajaran CTL (Contextual Teach and Learning). Indramayu: Penerbit Adab CV. Adanu Abimata, 2020.
Jurnal
Faridah, Khaeruddin, E. R. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Minat dan. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 2020
Foeh, Y., Marhaeni, A. N., & Jampel, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Dengankovariabel Motivasi Belajar Dan Sikap Religius Pada Siswa Kelas Xi Sma N 7 Kupang Tahun Pelajaran 2014/2015. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha,
Isnaeni, A. R., & Isroah. Pengaruh Minat Belajar, Media Pembelajaran, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pundong Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2021.
Nurlaila, S. T. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X Multimedia Di Smk Sumber Bunga. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi ,2022