Peran Guru PAK sebagai Teladan Bagi Peserta Didik di Era Globalisasi

Authors

  • Yosika Rodina Anin Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta
  • Marisa Aulia Gea Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta
  • Difly Praise Malelak Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/corammundo.v6i1.288

Keywords:

Teacher, Christian Religious Education, Role Model

Abstract

In the era of ever-growing globalization, the role of Agana Kristen education teachers as role models for students has become very crucial. This article discusses the significance of this role in shaping the character and moral values ​​of students amidst global change. PAK teachers must be pillars of integrity, morality and diversity for students, becoming inspiring examples in facing the complexity of today's challenges. This article describes key aspects of the role of PAK teachers as role models, including moral education, character formation, and instilling Christian religious values. In the era of globalization, where information is widely spread and diverse, PAK teachers have the responsibility to guide students so that they are able to understand and absorb universal values, while maintaining the integrity of local values ​​which are part of the nation's identity.

References

A, S., & Mary, E. (2023). Persepsi Siswa Terhadap Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Di Malinau. Didache: Journal of Christian Education, 4(1), 107–126. https://doi.org/10.46445/djce.v4i1.647 https://doi.org/10.55649/skenoo.v1i1.3

Adlini, Dinda, Yulinda,Chotimah, Merliyana, M. N., Anisya Hafina, Sarah Yulianti, Octavia, Sauda Julia. (2022, Maret 1). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka | Edumaspul: Jurnal Pendidikan. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3394

Aji, I. P., & Tamba, K. P. (2020). PENERAPAN DISIPLIN POSITIF DALAM PEMBELAJARAN DITINJAU MELALUI PERSPEKTIF KRISTEN [POSITIVE DISCIPLINE IN LEARNING REVIEWED THROUGH A CHRISTIAN PERSPECTIVE]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 216. https://doi.org/10.19166/johme.v3i2.2101

Amid, Markus. 2021. “Urgensi Keterlibatan Pendeta Dalam Politik Praktis.” Voice Of Hami: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 3(2).

Arifianto, Y. A. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Pendidikan Etis-Teologis Mengatasi Dekadensi Moral di Tengah Era Disrupsi. JRegula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.46307/rfidei.v6i1.84

Asni, Saenom, dan Henni Somantik. 2020. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SDN 28 Gasing Ampar Saga Ii Kecamatan Ngabang.” Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 2(2).

Devianti, R., & Sari, S. L. (2020). Urgensi Analisis Kebutuhan Peserta Didik terhadap Proses Pembelajaran. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 6(1), 21–36.

Emiliana Leni, Marthen Mau, dan Gianto. 2022. “PERAN GEMBALA DALAM MENANGANI PASANG SURUT IMAN JEMAAT GPDI DENGOAN KECAMATAN NGABANG KABUPATEN LANDAK.” Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 4(1).

Halawa, C., Hestiningrum, P. N., & Iswahyudi, I. (2021). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH. Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.55076/didache.v2i2.44

Kussuma, W., & Henuk, L. (2021a). Pengembangan Pribadi Guru PAK dan Siswa Sekolah Dasar Nekbaun. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.54170/harati.v1i2.75

Lammaniur, M. (2022, Desember 31). Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Sosial Guru PAK Dan Kompetensi Kepribadian Guru PAK Kontribusinya Terhadap Perilaku Siswa | Mitra Sriwijaya: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen. https://sttsriwijaya.ac.id/e-journal/index.php/mitra_sriwijaya/article/view/64

Marisa Aulia, & Difly Praise. (2024). PERAN GURU AGAMA KRISTEN DALAM MENGAYOMI REMAJA LGBT DALAM PERSPEKTIF 1 YOHANES 4:8. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(1), 11–27.

Mariana Rita, Marthen Mau. 2021. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mengatasi Kenakalan Peserta Didik Di SMP Kristen Setia Bakti Empaong Kecamatan Parindu.” Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 3(2).

Mau, Marthen. 2020. “Pentingnya Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1(2).

Mau, Marthen. 2021. “Makna Glossalalia Menurut Kisah Para Rasul 2:1-13 Dan Implikasi Urapan Roh Kudus Bagi Mahasiswa Teologi.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen) 3(1).

Mau, Marthen. 2022. “Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Parindu.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(4).

Mau, Susanti dan Marthen. 2021. “‘Peranan Guru Pendidikan Agama Kristendalam Mengatasi Pernikahan Dini Pesertadidikdisekolah Menengah Pertama Kristensetia Bakti Empaong,.’” Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 3(no 1).

Meilani, M., & Novalina, M. (2022). Pendidikan Agama Kristen Bagi Remaja Di Era Globalisasi Berdasarkan Amsal 22:6. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.47530/edulead.v3i1.89

Naibaho, D., & T, E. P. (2023). INTEGRITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(4), 12017–12025.

Ndruru and Laia, I. K. and Y. (2023, April 13). Model Yesus Sebagai Guru Agung Menjadi Acuan Bagi Guru Pak Sebagai Pendidik Profesional | Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama dan Filsafat. https://jurnal.sttarastamarngabang.ac.id/index.php/sinarkasih/article/view/93

Ndruru, B., & Lawalata, M. (2023). Signifikansi Guru Pendidikan Agama Kristen di Era Teknologi Terhadap Karakter Rohani Peserta Didik. Jurnal Teologi Cultivation, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.46965/jtc.v7i1.2273

Ndruru, E. K., & Laia, Y. (2023). Model Yesus Sebagai Guru Agung Menjadi Acuan Bagi Guru Pak Sebagai Pendidik Profesional. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v1i2.93

Nikolaos, N., & Arifianto, Y. A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Pendidikan sebagai Upaya Peningkatan Karakter Nara Didik. MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.55967/manthano.v2i1.26

Nitano, Y. I., & Octavianus, S. (2021). PERSEPSI SISWA KELAS VI SD TERHADAP GURU PAK DALAM PEMBENTUKAN ETIKA DAN MORAL. SAGACITY : Journal of Theology and Christian Education, 2(1), Article 1.

Ohy, G., Kawung, E. J. R., & Zakarias, J. D. (2020). PERUBAHAN GAYA HIDUP SOSIAL MASYARAKAT PEDESAAN AKIBAT GLOBALISASI DI DESA RASI KECAMATAN RATAHAN KABUPATEN MINAHASA TENGGARA. HOLISTIK, Journal of Social and Culture. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/holistik/article/view/29574

Oktavianti, N., Sutrisno, S., & Putrawan, B. K. (2022). Kolaborasi Sistem Among dengan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.52220/sikip.v3i2.147

Poerti, P., Tupamahu, G., & Arifianto, Y. A. (2023). Kode Etik Dalam Perspektif Teologis Sebagai Pedoman Bagi Pendidik Kristen Dalam Melaksanakan Tugas Profesinya. EULOGIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 3(1), Article 1.

Rasna, Eliantri Putralin, dan Marthen Mau. 2020. “PELAKSANAAN PAK PADA ANAK DI KALANGANWANITA PEKERJA DI DUSUN BONGO KASUIL.” Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 2(2).

Resti, E. W. (2022, September 29). Apa Itu Pengertian Peserta Didik? - Inspirasi Guru. https://inspirasiguru.com/post/apa-itu-pengertian-peserta-didik/

Rialestari, Meryantje Anabokay, and Esau Yesyurun Tang. 2022. “Pengaruh Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pertumbuhan Rohani Peserta Didik.” Jurnal DIKMAS Arastamar Ngabang 4(1).

Rosyda. (2021, Mei 10). Pengertian Globalisasi: Proses, Karakteristik dan Dampak Globalisasi. Gramedia Literasi. https://gramedia.com/literasi/pengertian-globalisasi/Amid, Markus. 2021. “Urgensi Keterlibatan Pendeta Dalam Politik Praktis.” Voice Of Hami: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 3(2).

Siburian, K. J., & Naibaho, D. (2023). Kontribusi Keteladanan Guru PAK Bagi Pembentukan Spritualitas Dan Karakter Siswa di Era Disrupsi Dunia. Jurnal Magistra, 1(4), Article 4. https://doi.org/10.62200/magistra.v1i4.68

Siringoringo, J., Tarigan, T. P. E., & Pane, C. L. (2021). Pengaruh Kecakapan Mengajar Guru PAK Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. Didache: Journal of Christian Education, 1(2), 187. https://doi.org/10.46445/djce.v1i2.353

Sitanggang, E., & Naibaho, D. (2023). TANGGUNG JAWAB GURU PAK MENGEMBANGKAN SPIRITUALITAS UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME KEGURUAN. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(4), 12987–12999.

Sopandi, P. D. D., & Sopandi, A. . (2021). Perkembangan Peserta Didik. Deepublish.

Sriyati, S., & Nakamnanu, E. H. (2020). Peran Guru Dalam Menerapkan Pendidikan Agama Kristen Untuk Menumbuhkan Iman Kristen Anak Sejak Dini. SHAMAYIM: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.51615/sha.v1i1.2

Saenom, Marthen Mau. 2023. “Memercayai Alkitab Sebagai Firman Allah Yang Benar.” Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 5(1).

Sumiati, S., & Triposa, R. (2021). Prinsip Guru Pendidikan Agama Kristen Memotivasi Belajar Peserta Didik dalam Perspektif Alkitab. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, (1), Article 1. https://doi.org/10.54170/harati.v1i1.31

Suruan, Y., Putnarubun, A., & Matahelumual, F. (2023). PERSEPSI SISWA TERHADAP PERAN GURU PAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER DI SMP NEGERI 2 KOTA SORONG. J-MACE Jurnal Penelitian, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.34124/jmace.v3i2.48

Tampenawas, A. R., Ngala, E., & Taliwuna, M. (2020a). Teladan Tuhan Yesus Menurut Injil Matius dan Implementasinya Bagi Guru Kristen Masa Kini. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, (2), Article 2. https://doi.org/10.47530/edulead.v1i2.44

Tampenawas, A. R., Ngala, E., & Taliwuna, M. (2020b). Teladan Tuhan Yesus Menurut Injil Matius dan Implementasinya Bagi Guru Kristen Masa Kini. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.47530/edulead.v1i2.44

Tenny, T., & Arifianto, Y. A. (2021). Aktualisasi Misi dan Pemuridan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Era Disrupsi. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 41. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.365

Tjandra, D. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Abad 21. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.52220/sikip.v1i1.33

Tobing, L. L. (2017, November 1). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Pendidik Moral Siswa. https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:FstGx8v7GrgJ:scholar.google.com/+Di+era+globalisasi+saat+ini,+Guru+PAK+bukan+saja+mengajarkan+ajaran+nilai-nilai+moral,+namun+menjadi+teladan.&hl=id&as_sdt=0,5

Triposa, R., Arifianto, Y. A., & Hendrilia, Y. (2021). Peran Guru PAK sebagai Teladan dalam Meningkatkan Kerohanian dan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.52489/jupak.v2i1.24

Viani, N., & Arifianto, Y. A. (2022). Kompetensi Profesional Guru dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Angelion: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.38189/jan.v3i1.250

Wenas, M. L., Simamora, E. S. B., Maharin, M., Candra, J. A., & Priskila, R. (2021). Nilai-Nilai Kristiani Bagi Kompetensi Kepribadian Guru. Skenoo : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.55649/skenoo.v1i1.3

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Yosika Rodina Anin, Marisa Aulia Gea, & Difly Praise Malelak. (2024). Peran Guru PAK sebagai Teladan Bagi Peserta Didik di Era Globalisasi. Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 6(1), 114–126. https://doi.org/10.55606/corammundo.v6i1.288