Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Kelas VIII SMP Negeri 2 Tapian Nauli Tahun Pembelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v1i4.193Keywords:
Audiovisual Media, Student Interest In LearningAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media audiovisual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti kelas VIII SMP Negeri 2 Tapian Nauli Tahun Pembelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tapian Nauli Tahun Pembelajaran 2022/2023 yang beragama Kristen berjumlah 53 orang. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup sebanyak 40 item yaitu 16 item untuk variabel X dan 24 item untuk variabel Y. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan media audiovisual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti kelas VIII SMP Negeri 2 Tapian Nauli Tahun Pembelajaran 2022/2023. Berdasarkan uji hubungan yang positif diperoleh nilai rxy = 0,483 > rtabel(a=0,05,n=53) = 0,226 dengan demikian diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif antara variabel X dengan variabel Y. Uji hubungan yang signifikan diperoleh nilai thitung= 3,944 > ttabel(a=0,05,dk=n-2=51)= 2,000 dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Uji koefisien determinasi regresi (r2) = 23,4%. Uji pengaruh: Uji persamaan regresi, diperoleh persamaan regresi persamaan regresi ini menunjukkan bahwa dalam keadaan konstanta 36,73 maka untuk setiap penambahan Media Audiovisual maka minat belajar siswa akan meningkat sebesar 0,79. Dengan demikian Ha yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan media audiovisual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti kelas VIII SMP Negeri 2 Tapian Nauli Tahun Pembelajaran 2022/2023 diterima dan H0 ditolak.
References
Akrim. 2023. Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa, Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Priansa, Donni Juni. 2017. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: CV Pustaka Setia.
Seran, Esra. 2022. “Peranan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Peningkatan Minat Belajar Anak/Siswa”, Inculco Journal Of Christian Education, 2(3).
Sriadhi. 2023. Media Pembelajaran: Teori, Implementasi Dan Evaluasi, Yogyakarta: Jejak Pustaka.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Syarifuddin & Utari. 2022. Media Pembelajaran Dari Masa Konvensional Hingga Masa Digital, Palembang: Media Bening Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama dan Filsafat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.