Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SD Swasta Alfa Omega Ngabang

Authors

  • Darlina Darlina Sekolah Dasar Swasta Alfa Omega Ngabang
  • Henni Somantik Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Ngabang
  • Sanci Amelia Malelak Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jelimpo
  • Marthen Mau Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Ngabang

DOI:

https://doi.org/10.55606/corammundo.v4i2.293

Keywords:

Distance Learning, COVID-19 Pandemic, Education

Abstract

Education is an integral part of human life starting from birth until the end of life. Students' interest in learning is an important aspect in the learning process, especially in character formation and understanding learning concepts. Teachers have a crucial role in facilitating students' interest in learning, because they are the main actors in the internalization of character education. However, the COVID-19 pandemic has changed the educational landscape by forcing a transition to distance learning. The impact is felt in the decline in students' interest in learning, which is caused by various factors such as physical health and changing learning environments. This research highlights the decline in students' interest in learning since the start of the pandemic, focusing on changes in learning motivation and behavior.

 

 

References

Asni, Saenom, dan Henni Somantik. 2020. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SDN 28 Gasing Ampar Saga Ii Kecamatan Ngabang.” Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 2(2).

Dkk, Ina Magdalena. 2021. Psikologi Pendidikan Sekolah Dasar. CV. Jejak Publisher.

Dodoy, Rupina. 2021. Wawancara (Orangtua Peserta Didik). Plasma I: SDS Alfa Omega Ngabang.

Emiliana Leni, Marthen Mau, dan Gianto. 2022. “PERAN GEMBALA DALAM MENANGANI PASANG SURUT IMAN JEMAAT GPDI DENGOAN KECAMATAN NGABANG KABUPATEN LANDAK.” Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 4(1).

Erihin. 2021. Wawancara (Orangtua Peserta Didik). Ngabang: SDS Alfa Omega Ngabang.

Gerungan, W. A. 1998. Psikilogi Sosial. Bandung: PT. Eresso.

Haloho, Zaneta Putricia. 2022. Wawancara (Peserta Didik). Ngabang: SDS Alfa Omega Ngabang.

Intari, Esther Rela. 2016. “PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEBAGAI MOTIVATOR.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen Regula Fidei 1(2).

Manongga, Andry Steven. 2022. Wawancara (Guru PAK Dan Musik). Ngabang: SDS Alfa Omega Ngabang.

Marbun, Stefanus M. 2018. Psikologi Pendidikan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Mariana Rita, Marthen Mau. 2021. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mengatasi Kenakalan Peserta Didik Di SMP Kristen Setia Bakti Empaong Kecamatan Parindu.” Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 3(2).

Marthen Mau, Felipus Nubatonis, Gianto, Ina Martha, dan Maryantje Anabokay. 2022. “Peran Gembala Jemaat Sebagai Pemimpin Dalam Meningkatkan Persahabatan Dengan Semua Orang Marthen.” Saint Paul’s Review 2(1):54–67.

Marthen Mau, Felipus Nubatonis. 2020. “Peran Gembala Sebagai Pendidik Dalam Penggembalaan Di Gereja Kristen Setia Indonesia Jemaat Ensingo Desa Sungai Dangin Kecamatan Noyan Kabupaten Sanggau.” Jurnal PKM Setiadharma 1(3):87–93.

Mau, Marthen. 2021a. “Membangun Sikap Kebangsaan Siswa Melalui Pendidikan Kristiani Dengan Pendekatan Model Quantum Teaching.” Kharsimata: Jurnal Teologi Pentakosta 4(1). doi: https://doi.org/10.47167/ kharis.v4il.89.

Mau, Marthen. 2021b. “Model Pembelajaran Quantum Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.” Apostolos Journal of Theology and Christian Education 1(no 2).

Mau, Marthen. 2022. “Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Parindu.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(4).

Mau, Susanti dan Marthen. 2021. “‘Peranan Guru Pendidikan Agama Kristendalam Mengatasi Pernikahan Dini Pesertadidikdisekolah Menengah Pertama Kristensetia Bakti Empaong,.’” Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 3(no 1).

Mendikbut. 2018. PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 15 TAHUN 2018 Pasal 4. Jakarta.

Mulyana, Aina. 2020. “PENGERTIAN MINAT DAN MINAT BELAJAR SISWA.” Pendidikan Kewarganegaraan. Retrieved (https://ainamulyana.blogspot.com/2012/02/minat-belajar.html).

Prihantini. 2021. Strategi Pembelajaran SD. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Proskunatas Musaputra, Tegar, Markus Amid, Henni Somantik, and Marthen Mau. 2022. “Peranan Gembala Sidang Dalam Pengembangan Ekonomi Warga Jemaat Di GBI Jemaat Kairos Desa Kampet Kecamatan Banyuke Hulu Kabupaten Landak.” 4(2).

Rangi, Andi Rasyid Panan. 2017. Manajemen Pendidikan. Jakarta.

Saenom, Marthen Mau. 2023. “Memercayai Alkitab Sebagai Firman Allah Yang Benar.” Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 5(1).

Safitri, Dewi. 2019. Menjadi Guru Profesional. Riau.

Sahartian, Santy. 2018. “Pemahaman Guru Pendidikan Agama Kristen Tentang II Timotius 3:10 Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak Didik.” JURNAL FIDEI 1(2):146–72.

Saptono, Eko Hari Budi. 2022. Wawancara (Kepala SDS). Ngabang: SDS Alfa Omega Ngabang.

Saragih, Erisda Adrianty. 2022. Wawancara (Koordinator Kurikulum SDS). Ngabang: SDS Alfa Omega Ngabang.

Sidjabat, B. S. 2000. Menjadi Guru Profesional Sebuah Perspektif Kristiani. Bandung: Yayasan Kalam Hidup.

Simandjuntak, I. L. Pasaribu &. B. 1983. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Tarsito.

Simatupang, Halim. 2019. Strategi Belajar Mengajar Abad Ke-21. Surabaya: CV. Cipta Media Edukasi.

Sodik, Sandu Siyoto dan M. Ali. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Suardi, Hidayah Quraisy. 2016. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Writing Revolution.

Susanti, Marthen Mau. 2020. “PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENGATASI PERNIKAHAN DINI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KRISTEN SETIA BAKTI EMPAONG.” 3(1):15–20.

Sutiana, Irut. 2022. Wawancara (Guru PAK Dan Guru Kelas 2b). Ngabang: SDS Alfa Omega Ngabang.

Sutirna. 2021. Bimbingan Dan Konseling (Bagi Guru Dan Calon Guru Mata Pelajaran). Yogyakarta.

Tim Penyusun. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Wahyuni, Tri. 2022. Wawancara (Orangtua Peserta Didik). Ngabang: SDS Alfa Omega Ngabang.

Wallu, Mis Merlina. 2022. Wawancara (Guru PAK & Guru Kelas). Ngabang: SDS Alfa Omega Ngabang.

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Darlina Darlina, Henni Somantik, Sanci Amelia Malelak, & Marthen Mau. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SD Swasta Alfa Omega Ngabang. Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 4(2), 69–89. https://doi.org/10.55606/corammundo.v4i2.293

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>